Tips Menjadi Mahasiswa Berprestasi

Tips Menjadi Mahasiswa Berprestasi

- in Artikel
285
0

Teropongonline, Medan – Menjadi mahasiswa berprestasi adalah
harapan dan impian bagi semua orang. Masa muda adalah waktu yang tepat untuk mengukir prestasi setinggi-tingginya dan sebanyak-banyaknya, Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, namun satu hal yang paling penting yaitu kenali terlebih dahulu dirimu sendiri lalu apa bidang yang menjadi
passion mu atau apa yang membuat kamu senang ketika melakukannya, lalu perkuat minat tersebut dengan meningkatkan kemampuan serta memperbaiki bakatmu dan terus belajar untuk menguasai bidang tersebut.

berikut beberapa tips yang bisa sobat lakukan :

1. Review materi kuliah

Menjadi mahasiswa bukan hanya sekedar datang duduk diam di dalam kelas. Tatapi, kamu juga harus memahami materi yang diberikan dosen. Supaya uang kuliah mu yang mahal tidak habis sia-sia dan dapat memperoleh nilai yang bagus saat ujian, tentu yang perlu dilakukan adalah belajar. Review kembali materi kuliah yang diajarkan sepulang kuliah sehingga kamu tidak melupakannya begitu saja, dan tidak menerapkan sistem kebut semalam saat ujian tiba.

2. Dekat dengan dosen

Menjalin hubungan baik dengan dosen sangatlah diperlukan. Dekat dengan dosen banyak manfaatnya. yaitu, kamu akan mendapat berbagai informasi dengan mudah dan mendapat rekomendasi jika dibutuhkan.

3. Asah skill

Menjadi mahasiswa tidak cukup hanya pintar di kelas. Kamu harus mengombinasikan soft skill dan hard skill mu. Ikutilah kursus atau pelatihan yang kamu sukai untuk menambah ilmu dan menunjang karier di masa depan.

4. Jalin hubungan yang luas

Berprestasi tapi tidak punya banyak teman tentu percuma. Bangun jaringan dengan memperluas pergaulan. Jangan jadi mahasiswa kuper atau antisosial.

5. Aktif berorganisas

Menyeimbangkan kuliah dan berorganisasi memang tidak mudah. Jika tak cermat membagi waktu, hasilnya nilai akan jadi jeblok dan kuliah terbengkalai. Oleh karena itu, pilih organisasi atau UKM yang sesuai hobi dan bakatmu. Sebab, berorganiasi akan memberikan banyak pengalaman yang tidak kamu dapatkan saat berada didalam kelas.

6. Menerima masukan

Jangan merasa paling pintar dan benar sendiri. Manusia tak luput dengan kesalahan. Lagi pula, kamu hidup dalam lingkungan masyarakat, sehingga mau tidak mau harus menerima masukan dari orang lain. Jadikan kritik sebagai bahan introspeksi diri supaya bisa lebih baik lagi ke depannya.

7. bersikap ramah pada siapa saja.

Bersikap ramah sangatlah penting, tidak hanya ramah kepada teman, senior ataupun dosen. kamu juga harus ramah kepada semua orang yang ada dikampus seperti pegawai akademik, petugas kebersihan, dan juga petugas keamanan. Karena kita tidak tau siapa kelak yang akan membalas keramahan kita. Bisa jadi petugas akademik yang membantu kita dalam urusan administrasi kampus, atau petugas kebersihan yang membantu kita menemukan barang yang hilang atau petugas keamanan yang melindungi kita saat terjadi sesuatu yang tidak diinginkan didalam kampus.

8. mengatur waktu dengan membuat jadwal

Jadwal kuliah yang padat tak menentu, latihan di UKM, pelatihan di komunitas,  rapat organisasi, main dengan teman, dan sederet kegiatan lainnya lambat laun akan membuat kamu kewalahan. Jadwal yang terlalu padat bisa memberikan efek kurang baik pada nilai dan kesehatanmu.

Jadi kamu harus bisa menentukan mana yang menjadi prioritas utama. kegiatan mana yang wajib dan harus segera dilakukan terlebih dahulu. Atur waktu sebaik mungkin, buat catatan kecil supaya kegiatanmu teratur dan seimbang.

9. Temukan Cara Belajar Yang Paling Ideal

Bagi sebagian orang belajar terkadang membosankan dan setiap orang memang memiliki banyak cara belajar yang berbeda beda. ada yang suka belajar di malam hari, bahkan di saat subuh ataupun pagi hari. Kapanpun itu teruslah cari cara belajar kamu yang paling ideal, coba semua gaya belajar yang kamu sukai, sampai kamu menemukan cara yang paling baik dan membuatmu nyaman. jika sudah, gunakan terus gaya belajar itu, dan segeralah menjadi mahasiswa yang sukses.

Reporter : Sariya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

“Hati-Hati di Jalan” Warnai Playlist Warganet Saat Ini

Teropongonline, Medan- Penyanyi tanah air Indonesia, Tulus kembali