Redaktur Foto Koran Ternama di Medan Beri Ilmu Mahasiswa UMSU Seputar Fotografi

Redaktur Foto Koran Ternama di Medan Beri Ilmu Mahasiswa UMSU Seputar Fotografi

- in Kabar Kampus
356
0

Teropongonline, Medan – Ferdy Siregar (Redaktur Foto Koran Harian Analisa) hadir sebagai narasumber dalam rangka diskusi foto yang diselenggarakan Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Kegiatan ini berlangsung di Gedung A Lantai III Perpustakaan UMSU pada Sabtu, (27/04/19) pagi.

Fotografer yang menggeluti dunia foto sejak tahun 1993 ini memaparkan hal mendasar tentang fotografi. “Fotografi merupakan kegiatan merekam hal sepersekian detik. Dalam memotret kita seharusnya paham akan komposisi mana terbaik dan tidak melawan cahaya,”paparnya dihadapan puluhan mahasiswa yang hadir.

Ia juga mengatakan dalam dunia fotografi penting menggunakan teknik high angle, misalnya pada situasi keramaian atau bencana alam. “Kita perlu teknik high angle untuk mendapatkan gambar yang menarik. Hal seperti ini juga lebih bagusnya jika seorang fotografer menggunakan drone. Dimana selain foto, dia mampu merekam kejadian yang kita inginkan,”katanya.

Kemudian Ferdy Siregar mengutarakan teknik-teknik lain seputar dunia fotografi. Seorang fotografer memerlukan teknik tertentu dalam pengambilan gambar, situasi dan pencahayaan menjadi terdepan yang harus diketahui.

“Ada high angle, pengambilan gambar dilakukan dari atas objek kiri atau arah lain. Eye level, diambil secara sejajar bersama objek dalam pandangan mata secara horizontal. Low angle, posisi kamera dibawah objek. Framing, menempatkan objek foto pada point of interest dan dikeliling elemen lain serta masih banyak lagi,”ungkapnya.

Ia pun menyarankan agar apapun yang menjadi pekerjaan dapat memberikan pelajaran berarti, terkhusus seorang fotografer. “Suatu hal yang membuat foto kita bernilai itu foto langka dan karyamu keluar sebagai pemenang. Namun dari semua itu, bisa kita jadikan pelajaran ialah melakoni pekerjaan yang membuat kita betah ketika hobi menjadi profesi,”pungkasnya.

Ferdy Siregar selain sebagai narasumber diskusi, ia juga menjadi juri perlombaan fotografi yang diselenggarakan UPT Perpustakaan UMSU bertajuk ‘Creativity Youth Literacy’ bekerjasama dengan Relawan Perpustakaan dan Kantor Wilayah BI Corner. Selain itu, juga turut dilombakan resensi buku. Kegiatan ini merupakan implementasi dari hadiah BI Corner UMSU yang terbaik serta merayakan Hari Buku Sedunia yang selalu diperingati 23 April.

Reporter : M Rizky Alhaj

Editor : Fuad Saleh Madhy

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

7 Tips Mengerjakan Skripsi Agar Lulus Tepat Waktu

Teropongonline, Medan-Memulai skripsi dengan persiapan dapat menghasilkan skripsi