Simulasi Tanggap Bencana UMSU Bersama Basarnas

Simulasi Tanggap Bencana UMSU Bersama Basarnas

- in Kabar Kampus
304
0

Teropongonline, Medan – Peringatan hari Kesiapsiagaan Bencana yang jatuh tepatnya pada 26 April 2019, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara bekerjasama dengan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kota Medan mengadakan ‘Simulasi Tanggap Bencana’ pada Jumat, (26/04/19) pagi.

Kegiatan ini diikuti oleh civitas akademika, mahasiswa dan Satuan Pengamanan (Satpam) UMSU. Tujuan diselenggarakan kegiatan tersebut mengetahui langkah yang dapat diambil jika sewaktu-waktu terjadi bencana di gedung bertingkat seperti UMSU.

Dr. Rudianto S Sos M Si selaku Wakil Rektor III mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan yang pertama dan akan ada kegiatan selanjutnya yaitu penanggulangan bencana. ” Terimakasih untuk civitas akademika, tim Basarnas, mahasiswa telah mengikuti kegiatan hari ini. Ini merupakan kegiatan pertama nanti kita akan adakan pelatihan lanjutan terkait dengan penanggulan bencana,”katanya saat menyampaikan sambutan di Pelataran Parkir A Kampus Utama UMSU Jalan Kapten Muchtar Basri No.3 Medan.

Salah seorang petugas Basarnas Viko Purba menyatakan bahwa simulasi yang dilakukan di gedung bertingkat seperti di UMSU hari ini pada dasarnya yaitu bagaimana berkumpul di titik kumpul partisipatif dan simulasi evakuasi korban. Hal tersebut dilakukan agar sudah mengetahui apa yang harus dilakukan.

Viko Purba memberikan tips yang akan dilakukan jika terjadi bencana di gedung bertingkat seperti UMSU yaitu melakukan segitiga kehidupan berupa berlindung di bawah meja, menghindari kaca dan benda bergantungan. “Yaa selain itu cari sudut ruangan karena pondasinya dianggap kuat, apabila sudah berhenti keluar mencari tempat aman,”ujarnya.

Kemudian Viko berpesan agar senantiasa mengikuti prosedur dan peka terhadap lingkungan sekitar. “Pesan kami untuk mahasiswa dan civitas UMSU sejak dini mari kita tanamkan tanggap darurat, tetap perhatikan langkah prosedur dalam terjadinya bencana, jangan cuek karena bencana bisa datang kapan, dimana dan kepada siapa saja. Tetap perhatikan dan peduli lingkungan, serta jangan membuang sampah sembangan,” pesannya.

Reporter : Mayang Anggraini, Sariya

Editor : Fuad Saleh Madhy

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

PK IMM FEB UMSU Laksanakan DAD

Teropongonline, Medan-Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM)