6 Ilmu Psikologi Yang Mudah Dipahami Dan Diterapkan Di Kehidupan Sehari-Hari

6 Ilmu Psikologi Yang Mudah Dipahami Dan Diterapkan Di Kehidupan Sehari-Hari

- in Artikel
464
0

Teropongonline, Medan- Bagi orang awan mungkin akan sangat menarik mempelajari ilmu psikologi. Mulai dari anggapan dapat membaca pikiran orang, bisa meramal dan sebagainya adalah hal yang seakan melekat dengan ilmu psikologi. Meski mungkin dirasa cukup sulit, tapi ada lho ilmu psikologi yang sangat mudah dipahami bahkan sangat aplikatif untuk kehidupan sehari-hari. Bahkan siapapun bisa menerapkan ilmu ini!

Berikut terdapat 7 ilmu Psikolog yang mudah dan bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari dikutip dari IDN Times

1. Gak perlu lagibercandain orang tentang fisiknya. Kamu tahu kan dampaknya?

“Kamu gendut banget sih, kayak bola”
“Duh, kerempeng banget badanmu kayak triplek”

Pernah mendapatkan kalimat itu? Atau bahkan kamu sendiri pernah melontarkan kalimat itu pada orang lain? Itu namanya body shaming. Kamu tahu kan dampak dari body shaming itu apa saja? Seseorang yang mengalami body shaming akan mengalami penurunan kepercayaan diri, merasa stres, hingga mengalami gangguan kinis seperti eating disorder. 

Meskipun kita enggak berniat melakukan body shaming, tapi jika apa yang kita ucapkan mengganggu atau menyakiti dia, maka kita tetap saja melakukan body shaming. Jadi, jangan lagi malah menyalahkan mereka yang baperan karena body shaming yang kita lakukan. Psst, apalagi sekarang ada UU ITE kalau kita melakukan body shaming lewat sosial media!

2. Ternyata, emosi itu harus dikelola dengan baik!peterspann.com.au

emosi itu enggak hanya marah. Ada berbagai macam emosi lain yang diri kita rasakan, seperti sedih, bangga, kecewa, sedih, senang, dan sebagainya. Apapun emosinya, ternyata kita harus mengontrolnya dengan baik. Contohnya seperti jangan bertindak gegabah ketika kamu sedang terlampau senang atau terlampau sedih. Ekspresikan emosi itu sewajarnya alias tidak berlebihan. 

3. Gak cukup hanya mendengar, tapi ‘memahami’ ketika teman sedang curhatUnsplash/rawpixel

Semua orang bisa menjadi teman curhat, namun hanya segelintir orang saja yang bisa menjadi teman curhat yang ‘pro’ dan menyenangkan. Gak cukup hanya dengan mendengarkan curhatannya saja. Ada ‘seni’ nya, lho. Kita harus melakukan kontak mata dengannya, tidak menyela, memberikan kalimat-kalimat yang menunjukkan kalian tertarik dengan topiknya dan sebagainya. Coba deh kalau kamu lagi curhat sama seseorang, tapi dia nya malah asyik main ponselnya. Sebel, kan? Hargailah lawan bicaramu, maka dia akan menghargaimu balik.

4. Kekuatan pikiran dan niat itu nyata adanya!unplash.com

Percayakah kamu dengan kekuatan mindset? Jika kamu berpikir positif, maka sesulit apapun rintangannya pasti mampu dihadapi. Begitupula jika kamu terus menerus berpikir negatif, akan memberikan dampak yang kurang menguntungkan bagi dirimu sendiri. Satu hal yang bisa kamu coba ketika merasa putus asa, adalah dengan meyakinkan dirimu bahwa kamu masih memiliki kesempatan dan mampu melakukannya.

5. Menghormati pendapat orang lain karena mereka punya perspektif yang berbedazz.com

Perbedaan pendapat itu merupakan hal yang wajar. Enggak ada satupun orang di dunia ini yang memiliki pendapat yang sama persis akan suatu hal. Kita tidak bisa mempersatukan semua suara secara sempurna. Hal yang bisa kita lakukan adalah dengan menghormati pendapatnya, memberikan waktu baginya untuk berbicara dan mungkin mendebatnya dengan bahasa yang sopan dan baik.

6. Menjaga penampilan itu ternyata juga merupakan hal yang pentingidntimes.com

Kita gak boleh menilai seseorang hanya dari penampilannya saja. Tetapi penampilan itu memang merupakan sesuatu yang penting, untuk menciptakan kesan bagi orang lain mengenai kita. Menjaga penampilan itu suatu keharusan, tapi gak harus mahal. Mengerti maksudnya bukan? Mandi, rutin memotong kuku, menggunakan deodoran, menyisir rambut adalah deretan hal yang membuktikan bahwa kamu memperdulikan penampilan. Tapi gak harus membeli produk dengan harga yang super mahal.

Reporter : Novia Alfiani Napitupulu

About the author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Syarat Menjadi Wirausaha yang Sukses

Teropongonline, Medan-Steve Jobs, Walt Disney, Benyamin Franklin, Hans