Sudut Inspirasi BI Corner Perpustakaan UMSU Berbagi Informasi Kuliah di Luar Negeri

Sudut Inspirasi BI Corner Perpustakaan UMSU Berbagi Informasi Kuliah di Luar Negeri

- in Kabar Kampus
405
0

Teropongonline, Medan – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dengan BI Cornernya menggelar ‘Sudut Inspirasi’ berupa talkshow menghadirkan Elnoviamy, MA peraih beasiswa LPDP di London dan Khairun Nissa, MTESOL peraih beasiswa LPDP di Australia. Talkshow ini berguna memotivasi mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri pada Sabtu, (30/03/19) pagi yang berlangsung di Perpustakaan UMSU Jl. Kapten Muchtar Basri No.3 Medan.

Wakil Rektor I diwakili oleh Plt Kepala Perpustakaan UMSU Muhammad Arifin, S.Pd, M.Pd membuka acara Sudut Inspirasi. Dalam sambutannya, ia mengatakan bahwa ini merupakan kegiatan pertama yang diadakan atas pencapaian Bank Indonesia Corner terbaik se- Indonesia pada 17 Desember 2018 lalu. “Acara ini merupakan agenda pertama yang digelar melalui Bank Indonesia BI Corner UMSU yang merupakan terbaik se-Indonesia. Atas pencapaian ini maka kita menggelar salah satu kegiatan yaitu Sudut Inspirasi atau Literasi ini,”katanya.

Muhammad Arifin juga menambahkan pokok utama dari acara Sudut Inspirasi ini tentang bagaimana mahasiswa bisa kuliah di luar negeri melalui beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). “Pokok utama dari acara Sudut Inspirasi ini adalah tentang bagaimana cara kita menembus beasiswa ke luar negeri. Dan kedua orang yang duduk didepan ini adalah orang yang hendaknya dapat menginspirasi kita bahwa kita bisa kuliah di luar negeri dan tembus beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP),”tambahnya.

Sementara itu Ghina Farathika selaku Ketua Relawan Perpustakaan UMSU mengatakan acara yang diberi nama Sudut Inspirasi ini merupakan agenda dari Cretivity Youth Literasi yang akan dilaksanakan dua kali dalam setahun. Pun, ia juga mengucapkan terima kasih kepada hadirin yang berkempatan datang diacara ini.

Dalam talkshownya, Elnoviamy menyebutkan bahwa Indonesia menyediakan banyak beasiswa bagi mahasiswa yang ingin kuliah di luar negeri. Dan, yang paling besar menyediakan beasiswa itu berasal dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). “Pemerintah Indonesia banyak menyediakan beasiswa bagi mahasiswa yang mau kuliah di luar negeri namun pada saat ini yang paling baik adalah beasiswa LPDP. Dan kita apresiasi kepada Pemerintah karena telah menyediakan banyak beasiswa,”ceritanya.

Elnoviamy menegaskan sebelum mendapatkan beasiswa tersebut kita harus tau apa goals yang mau didapat. Begitu juga dengan penguasaan bahasa asing yang sangat penting. “Sebelum mendapatkan beasiswa tersebut kira harus jujur terhadap diri kita, kita maunya apa, apa goals kedepannya dan apa pekerjaan yang diinginkan kedepannya. Karena mempersiapkan itu tidak sebentar dan membutuhkan proses yang panjang serta beberapa bidang yang harus kita kuasai seperti bahasa,” tegas peraih beasiswa LPDP di London.

Sama halnya dengan Khairun Nissa yang menjelaskan tipe-tipe beasiswa ada dua macam yaitu akademik dan non-akademik. “Beasiswa yang disediakan Pemerintah itu ada dua yaitu akademik dan non-akademik. Dan untuk mendaftarkan diri ke program beasiswa LPDP bisa melalui online,” kata alumni UMSU itu.

Khairun Nissa mengingatkan untuk mendaftarkan diri ke program beasiswa, mahasiswa harus menguasai TOEFL atau LELTS. Terutama bagi yang mau mendapatkan beasiswa kuliah di negara yang bahasa negaranya Inggris. “Untuk mendapatkan program beasiswa kita harus menguasai TOEFL minimal 500 dan LELTS 6,5 terutama bagi yang mau kuliah di negara yang bahasa negaranya bahasa Inggris. Dan kalian tidak butuh TOEFL jika kalian ingin kuliah di negara yang bahasanya bukan bahasa Inggris seperti Mesir, Prancis atau negara lainnya,” katanya yang juga alumni Teropong UMSU itu.

Reporter : Mayang Anggraini, M. Risky Alhaj

Editor : Fuad Saleh Madhy

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Tersingkir di UCL, Barcelona Resmi Turun Kasta

Teropongonline, Medan-Barcelona dipastikan terdepak dari Liga Champions musim