Kuliner Khas Betawi ‘Kerak Telor’ Ramaikan PRSU 2019

Kuliner Khas Betawi ‘Kerak Telor’ Ramaikan PRSU 2019

- in kabar medan
672
0

Teropongonline, Medan – Bermacam ragam kuliner tersedia di Pekan Raya Sumatera Utara untuk memanjakan lidah pengunjung saat melangkahkan kaki ke pesta tahunan rakyat Sumut. Salah satu kuliner itu adalah jajanan tradisional khas DKI Jakarta kerak telor. Namun kini, kehadirannya semakin pudar sebab sudah banyak makanan lain yang muncul walaupun rasanya yang sudah pasti lezat.

Salah satu penjual dan pengembang jajanan tradisional kerak telor itu ialah Putra, pria asli kelahiran Tanah Abang, Jakarta yang sudah menetap selama dua tahun di Kota Medan. Di usianya yang masih cukup tergolong muda 26 tahun, ia memilih untuk berprofesi sebagai penjual kerak telor dan turut meramaikan ragam kuliner di Pekan Raya Sumatera Utara, Jalan Gatot Subroto, Medan Minggu, (24/03/19) malam. Menurutnya, jajanan yang ekonomis ini terbuat dari cara yang sederhana dan tidak rumit serta salah satu warisan budaya Jakarta maupun negara tercinta Indonesia.

“Cara membuatnya itu sederhana, cukup dengan bahan telur ayam, telur bebek, serundeng, beras ketan, garam, gula dan minyak makan,”ceritanya.

Lanjut Putra, dalam proses pembuatan kerak telor memakan waktu kurang dari 15 menit dan masih menggunakan cara tradisional dengan cara memanggang pada bara api. Dan, pria asli Tanah Abang ini mematok harga kerak telor untuk satu porsinya sebesar Rp 20.000.

“Untuk memasak satu porsi kerak telor, dibutuhkan waktu 15 menit memasaknya. Pelanggan lebih sering memilih telur ayam sebagai bahan utama pembuatan kerak telor, dikarenakan telur bebek sedikit terasa aroma amis yang terdapat pada telur itu,”paparnya.

Putra pun menaruh segelintir harapan agar untuk kedepannya, usaha kuliner tradisional yang ia kelola akan maju dan besar di dalam Kota Medan walaupun ini khasnya DKI Jakarta.”Saya ingin usaha saya lebih maju dengan mengembangkan usaha menjadi lebih besar dan memiliki banyak anggota untuk mengembangkan jajanan khas betawi ini,”harapnya.

Salah satu pengunjung Mawar turut mencicipi kulinar khas Ibukota, ia mengaku menyukai kerak telor karena jajanan ini khas suatu daerah dan berbeda dengan jajanan lainnya yang ada di Kota Medan. “Saya suka teksturnya lembut, bagus dan serundengnya merupakan ciri khas pembeda dengan jajanan kuliner lainnya. Dari segi harga ini terjangkau karena kerak telor sendiri jajanan kuliner yang jarang ditemui di kota medan,”puji Mawar.

Reporter : M. Rizky Alhaj

Editor : Fuad Saleh Madhy

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Efek Terlalu Sering Bergadang Bagi Wanita

Teropongonline, Medan-Idealnya, waktu tidur orang dewasa minimal 7-8