Ikan Lele Olahan Kerupuk Dari Siumbut- Umbut Kabupaten Asahan

Ikan Lele Olahan Kerupuk Dari Siumbut- Umbut Kabupaten Asahan

- in kabar medan
358
0

Teropongonline, Medan – Siumbut-umbut merupakan salah satu kelurahan yang ada di kecamatan Kota Kisaran Timur, Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatera Utara. Pasti semua orang sudah tak asing lagi dengan ikan air tawar satu ini, iya ikan lele. Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Asahan menciptakan banyak inovasi baru dari bahan dasar ikan, salah satu nya kerupuk ikan lele.

Kerupuk ikan lele ini cetusan baru dari ibu-ibu PKK binaan Kabupaten Asahan naungan Bidang Perikanan Budidaya sejak satu tahun setengah yang lalu. Awalnya produksi makanan berbahan dasar ikan tersebut dari ibu-ibu PKK terus kemudian berlanjut sekarang ke istri-istri nelayan dengan berkembang per Kecamatan.

Yenni selaku kepala Bidang Perikanan Budidaya Kab. Asahan mengatakan cemilan kerupuk ikan lele tersebut di jual dengan harga yang bervariasi. “Untuk satu bungkus kerupuk ikan lele ukuran besar dijual dengan harga Rp. 20.000 sementara ukuran kecil Rp. 8.000, kalau pengambilan banyak kita akan kasih diskon,” kata Yenni saat di temui di Paviliun Kabupaten Asahan yang berada di Pekan Raya Sumatera Utara Medan Senin, (18/03/19).

Kepala Bidang Perikanan Budidaya ini melanjutkan dari perkataannya bahwa kerupuk ikan lele yang di naungin nya sekarang ini masih terbatas dengan produksinya. “Kita hanya mampu memproduksi 1.000 bungkus ukuran besar dan 600 bungkus ukuran kecil kerupuk ikan lele, itu semua karena produksi kami masih menggunakan sistem manual dengan tenaga ibu-ibu PKK tersebut,”lanjut Yenni.

Maka dari itu untuk pemasaran dari produksi kerupuk ikan lele tersebut masih seputar Kabupaten Asahan saja. Tetapi jika dari luar Kabupaten Asahan ingin memesannya dapat dikirim melalui jasa pengiriman. Tidak hanya ikan lele saja yang di olah untuk dijadikan makanan, ada ikan air tawar lainnya yaitu ikan gabus, ikan tenggiri juga ikan patin.

Reporter : Yurika Febrianti, Nurul Hamdiah

Editor : Fuad Saleh Madhy

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Efek Terlalu Sering Bergadang Bagi Wanita

Teropongonline, Medan-Idealnya, waktu tidur orang dewasa minimal 7-8