Mahasiswa Kota Medan Diajak Antisipasi Hoax Menjelang Pemilu 2019

Mahasiswa Kota Medan Diajak Antisipasi Hoax Menjelang Pemilu 2019

- in kabar medan
352
0

Teropongonline, Medan – Badan Siber dan Sandi Negara adakan acara Literasi Pengendalian Informasi dalam Rangka Penanggulangan Hoax pada Pemilihan Umum tahun 2019 pada Selasa, (12/03/19) siang. Kegiatan ini dilaksanakan di Convention Hall Amaliun Food Court Jl. Amaliun, Kotamatsum III, Medan Kota.

Dalam acara hadir dua narasumber yaitu Brigjen TNI Bondan Widiawan, S.Kom, M.Si selaku dosen pascasarjana Universitas Indonesia, Heni Mulyati, S.Pd selaku Wakil Ketua Komite Edukasi Mafindo (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia).

Dalam paparan materinya, Brigjen TNI Bondan Widiawan, S.Kom, M.Si mengajak mahasiswa kota Medan untuk pandai dalam memilah informasi, apalagi perkembangan teknologi kian mudah untuk diakses. “Perkembangan teknologi informasi memudahkan interaksi individu dan kelompok dalam masyarakat sebuah negara. Bahkan termasuk diseminasi nilai demokrasi pemilu 2019 ini. Indonesia menempati urutan 31 besar dunia dalam tingkat penetrasi internet,”ujarnya.

Heni Mulyati, S.Pd selaku Wakil Ketua Komite Edukasi Mafindo (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia) menilai berita hoax sangat berbahaya. Apalagi orang yang membuat hoax tersebut menyajikan berita dengan data seoalah-olah benar, padahal tidak.”Hoax atau berita bohong adalah informasi yang sesungguhnya yang tidak benar tapi dibuat benar seolah-olah benar adanya. Data hoax dari Januari-Desember 2018 bersumber dari Komite Litbang Mafindo menunjukkan pada Januari sampai Maret berjumlah 8%, pada April mengalami kenaikan sejumlah 2% yaitu 10%, Maret dan Juni sebanyak 8%, Juli 7%, Agustus 8%, September 10%, yang paling tinggi itu terjadi pada Oktober 11%, sementara yang paling rendah 6%, dan Desember 9%. Dari semua itu total Hoaks berjumlah 997,”pungkasnya.

Selain mendapatkan ilmu yang bermanfaat dalam mengantisipasi berita hoax menjelang pemilu 2019, juga ada door price yang hadiah utamanya adalah TV LCD 32 inci.

Reporter : Syarul Fahmi

Editor : Fuad Saleh Madhy

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

9 Urutan Negara dengan Jumlah Penduduk Terbesar di Dunia

Teropongonline, Medan-Jumlah penduduk dunia saat ini (2021) diperkirakan mencapai