Ragam Inovasi Paviliun Kabupaten Asahan di PRSU

Ragam Inovasi Paviliun Kabupaten Asahan di PRSU

- in kabar medan
400
0

Teropongonline, Medan – Pada Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) kali ini, inovasi baru semakin bervariasi yang ditampilkan di paviliun Kabupaten Asahan. Inovasi tersebut merupakan sumbangsih ide dari Ibu-Ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan berkolaborasi dengan petani daerah setempat.

Inovasi yang dimaksud seperti : madu yang berasal dari lebah, susu kambing, minyak makan, furniture dan lain-lain. Yenni selaku pekerja di bidang budidaya bagian kelautan Kab. Asahan mengatakan sangat mengapersiasi hasil kerja para setiap instansi yang memperoleh inovasi baru untuk tahun ini yang lebih baik.

“Ada beberapa kerajinan yang tahun ini diperlihatkan kepada banyak masyarakat untuk diketahui lebih yaitu furniture yang terbuat dari batang pohon kelapa. Furniture yang dapat dibuat seperti meja, bangku dan furniture lainnya sesuai permintaan,”katanya Minggu (10/03/19) malam.

Yenni juga menjelaskan memang harga lumayan tinggi tetapi kualitas dari furniture yang dihasilkan tidak kalah baiknya dengan bahan dasar seperti kayu jati. Selain furniture, ia juga menambahkan ada tanaman hias koko dama yang tak kalah menjadi unggulan Kab. Asahan.

“Tanaman hias itu bernama koko dama. Koko dama terbuat dari sabut kelapa, cocopet, suplemen ,tanah dan air lalu dibentuk seperti kelapa. Tanaman koko dama ini diisi oleh tanaman hidup. Setiap pagi harus disiram agar tidak mati. Walaupun bunga ini sulit tumbuh dengan cepat, bunga koko dama ini banyak peminatnya karena bentuknya yang unik,”tambah dia saat diwawancarai kru Teropong.

Ia juga menceritakan wisata-wisata menarik yang ada di Kab. Asahan agar kiranya dapat dikunjungi oleh masyarakat Sumatera Utara. “Di Asahan banyak wisata menarik dengan ciri khasnya, seperti Air Terjun yang berada di Songsongan. Selain itu juga dapat mengunjungi Masjid H. Ahmad Bakrie milik pengusaha Aburizal Bakrie. Masjid ini megah, sehingga menjadi sasaran masyarakat daerah lain untuk berkunjung kemari,” ceritanya.

Yenni berharap agar masyarakat Kab. Asahan terus menciptakan inovasi baru dalam membantu berkontribusi untuk mengembangkan daerahnya. “Harapan saya semoga semakin banyak inovasi baru diciptakan untuk memajukan dan mengembangkan para keahlian dari ibu PKK dan para petani maupun pelaut yang ada,” harapnya.

Reporter : Nurul Hamdiah Junaidi

Editor : Fuad Saleh Madhy

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

5 Website Kursus Online Gratis Bersertifikat

Teropongonline, Medan-Kursus online semakin menjadi andalan untuk meningkatkan keahlian dan