HMJ IKS UMSU Gelar Seminar Jurusan Tentang Perlindungan Anak

HMJ IKS UMSU Gelar Seminar Jurusan Tentang Perlindungan Anak

- in Kabar Kampus
296
0

Teropongonline, Medan – Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (HMJ IKS FISIP UMSU) menggelar seminar bertajuk, “Perkara Anak yang Berhadapan dengan Hukum”, pada Selasa, (12/03/19) pagi. Acara ini berlangsung di Ruang Penjamin Mutu, Lantai II Gedung FAI UMSU Jl. Kapten Muchtar Basri No.3 Medan.

Adapun narasumber yang hadir sebagai pemateri yaitu, Dra.Hj.Yurisna Tanjung M.AP dosen Program Studi IKS FISIP UMSU dan juga selaku ketua Pusat Studi Kajian dan Anak, Azhari Pohan S.Sos selaku Pekerja Sosial Perlindungan Anak Kemensos RI dan Azmiati Zuliah S.H,M.H selaku koordinator unit Pusat Layanan Informasi dan Pengaduan Anak Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PUSPA PKPA).

Nur Safni selaku Ketua HMJ IKS menuturkan terima kasih kepada kepanitiannya, hal tersebut karena berkat panitia maka acara ini terselenggara tepat waktu. “Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh panitia. Karena bantuan panitia, acara ini terselenggara dengan baik. Serta, kegiatan ini mampu sebagai pembelajaran bagi kita semua serta berjalan lancar hingga akhir acara nanti,”tuturnya.

Kemudian, Nur Safni mengatakan bahwa dipilihnya tema ini agar mahasiswa IKS FISIP UMSU lebih mengerti akan fungsi dan peran pekerja sosial dalam ranah peradilan anak. “Mudah-mudahan seminar ini dapat menambah wawasan dan pemahaman terhadap dalam hal perlindungan anak,”katanya.

Manusia Harus Peka Terhadap Masalah Sosial

H. Mujahiddin S.Sos,MSP selaku ketua Program Studi (Prodi) IKS UMSU mengaku sangat tertarik dengan pembahasan seminar ini. Menurutnya, PKPA punya peran penting dalam melindungi hak-hak para anak-anak dan juga anak jalanan.

“PKPA miliki peran dalam memberikan perlindungan terhadap hak asasi jalanan. Yang ditujukan dengan ditunjuknya Unit Sanggar Kreativitas anak yang memberikan perlindungan terhadap anak terlantar, anak jalanan dan pekerja anak. Hal tersebut agar anak dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapatkan perlindungan dari kekerasan serta diskriminasi,” pungkasnya.

Kaprodi IKS FISIP UMSU ini juga menambahkan bahwa pentingnya mengetahui suatu lembaga beserta fungsinya, misalnya PKPA ini. Sebab katanya, dengan PKPA ini masyarakat mengetahui jumlah kejahatan anak setiap tahunnya.

“Sepanjang tahun 2017 tercatat sebanyak 4.579 kasus pengaduan terhadap anak yang diterima oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan di tahun 2018 tercatat sebanyak 4.885 kasus yang ada. Dan, dari data ini lah kita mengatahui pentingnya lembaga PKPA memberikan peranya untuk manangani kasus-kasus anak yang menjadi korban kejahatan. Dan dengan data kita mampu meminimalisir angka kejahatan terhadap anak setiap tahunnya,”jelasnya saat menyampaikan kata sambutan.

Mujahidin juga mengingatkan manusia yang lumrahnya sebagai makhluk sosial harus menjalani hidup bersosialisasi dan peka terhadap masalah sosial. “Kita sebagai makhluk sosial mestinya peka akan masalah di sekeliling kita. Seperti yang kita ketahui, kehidupan kita yang acuh tak acuh dengan permasalahan sistem sosial yang ada. Seolah-olah hal itu terabaikan begitu saja dan pola pikir seperti ini mestinya kita ubah menjadi peduli akan masalah yang kita temukan,”katanya.

Selain masalah kepekaan sosial, ia juga menambahkan bahwa pengaruh buruk lain datang dari mudahnya mengakses data dan informasi, apalagi di Era 4.0. “Zaman semakin berkembang, salah satunya smartphone yang semakin canggih. Hal tersebut dapat memberi peranan baik buruknya terhadap pemakai seperti mudahnya mengakses situs porno yang merupakan situs terlarang bagi anak anak dan tidak baik dikonsumsi oleh mereka,”tambahnya.

Lalu, Mujahidin berharap agar para narasumber mampu memberikan pelajaran yang berguna dan tentunya baik bagi peserta seminar yang nantinya akan bermanfaat dikemudian hari. Begitu juga dengan peserta yang harus mendengarkan paparan materi yang disampaikan oleh narasumber. “Saya berharap untuk seminar ini semoga anggota PKPA memberikan pembelajaran yang berguna dan bermanfaat untuk kita terapkan dikemudian hari,”harapnya.

Reporter : Muhammad Rizky Alhaj

Editor : Fuad Saleh Madhy

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Sudut Pandang Mahasiswa Terhadap Privilege dari Good Looking

Teropongonline, Medan – Berpenampilan menarik saat ini kerap