Puluhan Warga Langkat Desak DPRD dan Gubsu Tuntaskan Kasus Sengketa Lahan

Puluhan Warga Langkat Desak DPRD dan Gubsu Tuntaskan Kasus Sengketa Lahan

- in kabar medan
434
0
Warga Langkat yang berunjuk rasa di depan kantor DPRD Sumatera Utara

Teropongonline,Medan-Puluhan warga Langkat bersama aliansi mahasiswa menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor Gubernur dan DPRD Sumatera Utara. Aksi ini menuntut tuntaskan sengketa lahan transmigrasi seluas 300 Ha yang dirampas oleh RS (eks ketua kelompok transmigrasi lokal Sei Lepan) yang terjadi di Dusun Pardomuan Nauli, Desa Bukit Mas II, Kec. Besitang, Kabupaten Langkat Kamis (21/02/19)

Dalam aksi ini puluhan warga tersebut didampingi Pemerintahan Mahasiswa (Pema) USU dan juga Pema Politeknik Negeri Medan mendesak agar pemerintah dapat menyelesaikan masalah pelik yang sudah 24 tahun bergulir tanpa kejelasan. “Kepada bapak Gubernur kami memohon, tangkap RS ! Kami memohon tangkap, tangkap, tangkap dia. Jangan hukum tajam ke bawah tumpul ke atas, kami sudah dibohongi selama 24 tahun,” ujar Togu Hutasoit saat berorasi di Kantor Gubernur Sumatera Utara Jl. Pangeran Diponegoro No. 30, Kota Medan.

Lalu Togu juga meminta Gubernur ataupun perwakilannya untuk turun dari kantornya guna bertemu dengan para demonstran di depan gerbang Kantor Gubsu yang dominan para lansia (lanjut usia). Namun bukannya keluar malah sebaliknya, perwakilan dari demonstran diminta untuk masuk ke dalam dan berjumpa dengan perwakilan pemerintahan untuk melakukan audiensi.

Julio Harianja salah satu perwakilan dari demonstran warga Langkat mengatakan bahwasanya hasil dari audiensi berupa janji pemerintah akan menyelesaikan masalah ini dengan serius dan secepat mungkin. “Hasil tadi dari pihak Kasebampol, mewakili Pemerintah Provinsi diwakili Biro Pemerintah sekaligus Satpol PP dan Dinas Tenaga Kerja yang membidangi transmigrasi akan berkomitmen menyelesaikan masalah ini dengan serius,”jelas Julio pada beberapa awak media.

Setelah aspirasi tersampaikan, para demonstran melakukan longmarch dari Kantor Gubsu menuju DPRD Sumut di Jl. Imam Bonjol No. 5, Medan Petisah. Sesampainya disana, Iqbal Harefa selaku Presiden Mahasiswa USU yang pada saat itu sebagai salah satu penggerak massa aksi meminta kepada pihak berwajib yang mengamankan aksi unjuk rasa untuk memberi izin para demonstran masuk ke dalam pelataran gedung DPRD Sumut.

“Mereka sudah tua, biarlah masuk. Biarlah hanya sampai disini, mereka itu semua lansia. Nggak masalah kalau kami (mahasiswa) diluar gerbang. Biarkan mereka makan dan salat disitu (pelataran). Kami mahasiswa diluar nggak masalah,”pinta Iqbal pada pihak keamanan.

Namun, permohonan Iqbal tidak ditanggapi oleh pihak keamanan sampai akhirnya H. Samsul Qodri selaku wakil ketua Komisi E menjumpai para demonstran di depan pagar DPRD Sumut. Hal tersebut bertujuan meyakinkan para demonstran bahwa keluh kesah mereka telah terdengar dan akan dibawa rapat dengar pendapat.

“Kami sudah tau permasalahan bapak/ibu dengan RS soal 300 Ha lahan yang dulu seharusnya diamanahkan untuk bapak ibu. Kita akan melakukan rapat gabungan Komisi E dan juga Komisi A yang juga masalah pertahanan. Kami sepakat akan mengundang saudara RS, Kepala Desa, Pemprov, mahasiswa, bapak/ibu, Badan Pertahanan, Pemda sana dan lainnya pada awal Maret nanti,” jelasnya di depan puluhan demonstran.

Diakhir aksi dilakukan foto bersama sebagai tanda bukti adanya kesepakatan dari tuntutan kelompok masyarakat transmigrasi Desa bukit Mas II. Adapun tuntutan mereka adalah, Gubernur dan DPRD Provinsi Sumatera Utara melakukan evaluasi dan menertibkan lahan yang dimaksud agar berfungsi kembali sebagaimana mestinya untuk menjadikan program transmigrasi serta pemberdayaan masyarakat transmigran.

Aksi unjuk rasa ini terpantau berjalan lancar hingga akhir dan berlangsung kondusif. Sebelum massa membubarkan diri, mereka melakukan makan bersama di depan gerbang kantor DPRD Sumut.

Reporter : Mahda Rafsanjani

Editor : Fuad

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Mahasiswa Merokok di Area Larangan Merokok

Teropongonline, Medan-Terlihat dua orang mahasiswa yang sedang merokok