Radiasi Bahas Tips Jadi Seorang Penyiar

Radiasi Bahas Tips Jadi Seorang Penyiar

- in Kabar Kampus
401
0
Rabu Diskusi Anak Komunikasi (RADIASI)


Teropongonline, Medan – Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (HMJ IKO FISIP UMSU) kembali adakan Rabu Diskusi Anak Komunikasi (Radiasi) dengan tema, “It’s Easy to Be Announcer”. Kegiatan ini dilaksanakan di Rusunawa kampus utama UMSU Jl. Kapten Muchtar Basri No.3 Medan pada Rabu, (20/02/19).

Diskusi ini memang dilakukan oleh HMJ IKO setiap hari Rabu yang didedikasikan untuk untuk seluruh mahasiswa Ilmu Komunikasi. Pokok pembahasan dalam diskusi ini yakni bagaimana menjadi seorang penyiar yang baik dengan mengundang dua pemateri yaitu, Iqbal Mahali (mantan penyiar Visi FM) dan Fiky Hendrakusuma (penyiar Medan FM).

Iqbal Mahali memaparkan tips-tips bagaimana menjadi seorang penyiar dan juga menjelaskan teknis-teknis dalam menjadi penyiar. “Dalam dasar broadcasting pertama seorang penyiar butuh mengatur pernapasan seperti lion face, hamming, dll. Selain itu seorang penyiar juga harus membuat script siaran mereka sendiri yang pastinya tidak mengandung sara,”paparnya.

Ia pun sempat mengatakan menjadi seorang penyiar itu sulit mendapatkan pendapatan yang besar. “Kalau berharap gaji dalam menjadi seorang penyiar itu berat. Tapi dalam menjadi seorang penyiar kita bisa mendapatkan side job yang lebih menghasilkan,” kata Iqbal.

Hal serupa juga disampaikan Fiky Hendrakusuma, ia mengatakan menjadi seorang penyiar harus bisa membuat theater of mind pendengar yang sebagai kunci seorang penyiar dalam siaran. “Seorang penyiar harus bisa membuat theater of mind pendengar. Ketika kalian jago membuat itu maka siaran kalian akan menjadi bagus walaupun info yang disampaikan hanya sedikit,”katanya.

Fiky mengingatkan kepada seluruh peserta yang hadir bahwa dalam mendapatkan ilmu jangan takut belajar, dimana saja bisa mendapatkan ilmu asal jangan takut mencoba. “Belajar itu bukan hanya dikampus tapi dimana saja, jadi jangan takut belajar terus mencoba kalau ada yang buka radio coba aja,” pungkasnya.

Kemudian, penyiar Medan FM ini memotivasi agar jangan pernah berputus asa dalam mecoba menjadi seorang penyiar karena setiap orang berpotensi dan mempunyai kemampuan. “Jangan merasa minder semua orang punya potensi masing masing,”imbuh Fiky sekaligus menutup paparan materinya.


Reporter : Clara Wirianda

Editor : Fuad Saleh Mahdy

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

9 Urutan Negara dengan Jumlah Penduduk Terbesar di Dunia

Teropongonline, Medan-Jumlah penduduk dunia saat ini (2021) diperkirakan mencapai