Peran Millenials Sangat Dibutuhkan Dalam Pembangunan Berkelanjutan

Peran Millenials Sangat Dibutuhkan Dalam Pembangunan Berkelanjutan

- in kabar medan
329
0
Diskusi Milenial Bersama Bapennas Bersama Dinas Komunikasi Dan Informasi.

Teropongonline.com – Medan, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia (Bapennas) bersama Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara dan Kantor Staff Presiden adakan diskusi millenials dengan mengusung tema, “Peran Anak Muda Dalam Agenda 2030” pada Selasa, (12/02/19) di Cafe Potret Jalan K.H. Wahid Hasyim No. 90 Medan.

Adapun tujuan utama dalam diskusi ini adalah membahas tentang pembangunan berkelanjutan atau dalam bahasa Inggris dikenal Sustainable Development Goals disingkat dengan SDGs. Program ini dicanangkan bersama oleh negara-negara lintas pemerintahan pada resolusi PBB yang diterbitkan pada 21 Oktober 2015 sebagai ambisi pembangunan bersama hingga tahun 2030.

Selaku perwakilan 2030 Youth Force Rifka Sisilia Irawati mengatakan ada beberapa negara juga yang mencanangkan program tersebut. “Agenda ini bukan hanya untuk Indonesia saja, negara lain juga semisal Nepal dan China dan lain-lain. Youth Force berfokus pada community building dan advokasi,” katanya

Rifka juga menegaskan mengapa peran anak muda sangat dibutuhkan dalam pembangunan berkelanjutan. “SDGs sengaja memilih anak muda sebagai target dikarenakan anak muda saat ini berjaring luas. Begitu juga dengan sisi kreatif, inovatif dan juga berkesempatan berkolaborasi dengan pemerintah atau non pemerintah dalam membangun bangsa,” tegasnya.

Salah satu perwakilan dari Kantor Staff Presiden Kedeputian II Bidang Kajian dan Pengelolaan Isu- Isu Sosial, Ekologi dan Budaya Strategis Abetnego Tarigan juga memaparkan materi seputar perkembangan zaman terkait peran millenials. Ia mengatakan bahwa harus ada tindakan disetiap peluang yang ada

“Peluang- peluang yang dimiliki generasi di zaman sekarang itu selalu ada namun di zaman sekarang kita menghadapi situasi dimana tidak semua orang bisa menerima keputusan kita, maka harus kita barengi dengan tindakan,” katanya.

Ia juga menambahkan pada setiap zaman punya generasinya, begitu juga dengan setiap generasi punya zamannya. “Generasi sekarang ini adalah generasi yang akan memimpin dan membuat perubahan bangsa ini kedepannya. Maka dari ini tanggung jawab kita untuk belajar, mengembangkan potensi diri, dan meningkatkan kapasitas diri kita karena ada tanggung jawab kepemimpinan yang kita ambil,” tambah Abetnego.

Reporter : Irfan Prasetyo, Mayang Anggraini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

“Hati-Hati di Jalan” Warnai Playlist Warganet Saat Ini

Teropongonline, Medan- Penyanyi tanah air Indonesia, Tulus kembali