Menyambut Hari Pers, Provsu Adakan Pameran Satu Abad Surat Kabar

Menyambut Hari Pers, Provsu Adakan Pameran Satu Abad Surat Kabar

- in Kabar Kampus
317
0

Teropongonline, Medan – Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provinsi Sumatera Utara bekerjasama dengan Pusat Studi Sejarah dan Ilmu-ilmu Sosial (PUSSIS) Unimed dalam mengadakan kegiatan “Pameran Satu Abad Surat Kabar di Sumatera Utara” .Kegiatan ini berlangsung di Teras Utama Lantai I Kantor Gubernur Sumatera Utara pada Rabu, (06/02/19).

Kegiatan yang bertujuan untuk memeriahkan peringatan hari pers nasional tahun 2019 ini dilaksanakan mulai dari tanggal, (6- 8/02).

Harfina Zuhra mengatakan Sumatera Utara adalah pelopor pertama dari penerbit yang ada di Indonesia agar semua masyarakat bisa mengetahuinya.

“Kami dari Biro Humas dan Protokolan Pemrov Sumatera Utara bekerja sama dengan PUSSIS Unimed dan rumah sejarah untuk menyelenggarakan “Pameran Satu Abad Surat Kabar Sumatera Utara” dalam rangka menyambut hari pers nasional. Ternyata Sumatera Utara itu pelopor dari penerbitan-penerbitan surat kabar yang ada di Indonesia,” kata Ketua Harfina

Lanjutnya, Harfina menjelaskan bahwa surat kabar yang usianya sudah 1800 itu awal terbitnya di Sumatera Utara, dan ini tidak banyak diketahui oleh masyarakat umum. Apalagi sekarang surat kabar ini sudah beralih ke media online, tapi tak menutup kemungkinan surat kabar pernah menjadi sebuah ranah komunikasi yang efektif dan luar biasa terutama untuk memajukan kemerdekaan Republik Indonesia.

Kegiatan hari pertama telah mendapat respon baik dalam pelaksanaan pameran tersebut. Hal tersebut dapat dilihat dari masyarakat atau pengunjung yang antusias datang pada pemeran tersebut.

“Respon para pengunjung ini luar biasa, karena memang ini adalah sebuah hal yang baru. Mereka menjadikan ini seperti sebuah kejutan untuk menambah pengetahuan. Contohnya seperti, mereka jadi bisa tau bentuk ejaan-ejaan yang berbeda dari masa ke masa bahkan dari tahun 1800 an sampai setelah kemerdekaan,”jelasnya.

Ia menambahkan bahwa pers pernah menjadi sebuah sarana untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Surat kabar juga menjadi sebuah sejarah yang memang harus dilestarikan dan tetap dipelihara agar bisa dinikmati dan dibaca oleh generasi-generasi muda berikutnya.

Menanggapi hal tersebut, Pelopor Pariwisata Afif Dzaki Fadli yang telah berkunjung untuk melihat pameran Satu Abad Surat Kabar di Sumatera Utara mengatakan bahwa pameran ini dapat membuka pola pikir yang lebih luas, berargumentasi, dan menimbulkan pemikiran-pemikiran cerdas yang aktif dan mengenal historikal sejarah dari perkembangan-perkembangan  Indonesia salah satunya perkembangan surat kabar ini.

Reporter : Iqbal Putra Suheri , Kusnadila Anandari

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Sudut Pandang Mahasiswa Terhadap Privilege dari Good Looking

Teropongonline, Medan – Berpenampilan menarik saat ini kerap