Ukir Sejarah, Timnas Qatar Sukses Juara Piala Asia 2019

Ukir Sejarah, Timnas Qatar Sukses Juara Piala Asia 2019

- in Sport News
500
0

Teropongonline,Medan – Timnas Qatar mengukir sejarah baru dengan sukses meraih trofi Piala Asia untuk pertama kalinya pada tahun 2019 setelah menumbangkan Jepang 3-1 di final. Sabtu, (02/02/19).

Stadion Zayed Sports City, Abu Dhabi, Uni Emirates Arab (UEA) menjadi saksi sejarah baru bagi Qatar yang berhasil untuk pertama kalinya meraih juara Piala Asia. Penampilan impresif mereka sepanjang turnamen patut diacungkan jempol, Qatar membukukan 19 gol ke gawang lawan dan hanya kemasukan satu gol saja.

Saling serang sudah terjadi sejak awal pertandingan, baik Qatar maupun Jepang. Laga baru memasuki menit ke-12, gol sudah tercipta bagi Qatar melalui tendangan salto Almoez Ali. Berawal dari raja asisst mereka Akram Afif, melepaskan umpan ke arah Ali ke dalam kotak penalti.

Posisi sulit dan membelakangi gawang tidak membuat Ali goyah setelah menerima umpan dari Afif. Dengan dua kali sentuhan, Ali memutar badan kemudian melepaskan tendangan salto ke sudut gawang Jepang. Bola tidak mampu ditahan oleh Shuichi Gonda, skor berubah untuk keunggulan Qatar 1-0.

Tempo permainan Samurai Biru semakin meningkat, alih-alih ingin menyamakan kedudukan Jepang malah kebobolan lagi. Sama dengan Ali, Abdulaziz Hatem juga mencetak gol spektakuler setelah menerima umpan dari Akram Afif pada menit ke-27.

Sepakan keras Abdulaziz Hatem menghujam deras ke gawang Jepang. Skor kembali bertambah menjadi 2-0 untuk keunggulan Qatar. Pasukan Felix Sanchez pun semakin diatas angin untuk memenangkan pertandingan walaupun masih seperempat laga berjalan.

Permainan disiplin yang ditampilkan bek belakang Qatar tidak mampu ditembus oleh Nagatomo Cs. Penguasaan bola sepenuhnya dalam kendali pemain Jepang. Namun, hingga berakhirnya laga pada babak pertama tidak ada satupun gol mampu dicetak oleh Jepang untuk menipiskan keadaan.

Di babak kedua, Jepang terus menggempur lini pertahanan Qatar. Mau tidak mau mereka harus mengeluarkan seluruh amunisi untuk menyamakan bahkan membalikkan keadaan. Baru pada menit ke- 69 Takumi Minamino berhasil membobol kiper Qatar Saad Al Sheeb untuk pertama kalinya sepanjang turnamen Piala Asia 2019.

Melalui kombinasi apik satu dua dengan Yuya Osakao, Minamino berhasil lolos dari kepungan bek Qatar. Bola berhasil dicungkil striker bernomor sembilan itu dan masuk ke gawang Saad. Jepang berhasil menipiskan keadaan menjadi 1-2.

Permainan kembali dikuasai sepenuhnya oleh pemain Jepang pasca gol tersebut. Sementara itu Qatar, hanya mengandalkan serangan balik dan menyisakan Almoez Ali didepan.

Naas kembali menghampiri kubu Jepang saat wasit memutuskan untuk melihat tayangan Video Asisstant Refferee (VAR). Sebelumnya Maya Yoshida terlihat menyentuh bola dengan tangan setelah ingin menghalau sepak pojok Abdulaziz Hatem.

Wasit Ravshan Irmatov memutuskan untuk menunjuk titik putih bagi Qatar pada menit ke-83. Akram Afif sukses menjadi algojo dan menambah kedudukan menjadi 3-1.

Hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan, tidak ada lagi gol tambahan tercipta. Qatar berhak menjadi jawara Piala Asia 2019 atas kemenangan 3-1 atas Jepang.

Luapan kegembiraan dan sukacita para punggawa Qatar pun tumpah ruah sesaat berakhirnya pertandingan. Bintang-bintang baru Qatar nampaknya sudah siap menghadapi gelaran Piala Dunia 2022 nanti yang berlangsung di negara mereka sendiri.

Almoez Ali terpilih menjadi pemain terbaik dan topskor dengan torehan sembilan gol. Sementara itu Akram Afif di cap sebagai raja asisst sebanyak sepuluh kali. Hampir sempurna, gawang Qatar hanya kemasukan satu gol selama tujuh pertandingan di turnamen ini

Reporter : Fuad Saleh Madhy

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

7 Tips Mengerjakan Skripsi Agar Lulus Tepat Waktu

Teropongonline, Medan-Memulai skripsi dengan persiapan dapat menghasilkan skripsi