LKBN ANTARA Sumut Gelar Diskusi Publik Terkait Pemilu

LKBN ANTARA Sumut Gelar Diskusi Publik Terkait Pemilu

- in kabar medan
475
0

Teropongonline.com – Medan, Lembaga Kantor Berita ANTARA Sumatera Utara menggelar diskusi publik bertajuk ” Memaksimalkan Partisipasi Generasi Millenial Pada Pemilu 2019″.Diskusi ini digelar di kantor LKBN ANTARA Biro Sumut Jalan. Raden Saleh pada Selasa (29/01/19).

Dalam diskusi ini, dihadiri oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut Yulhasni S,S M.Si dan pengamat politik Universitas Sumatera Utara (USU) Fernanda Putra Adella S.Sos MA.

Yulhasni menjelaskan pentingnya peran generasi millenial dalam pemilu dikarenakan menurut data KPU ada sekitar 70 – 80 juta pemilih millenial dari total 193 juta pemilih.

“Dalam setiap pemilu 30 persen dari total jumlah pemilih adalah pemilih muda usia 17 – 30 tahun. Demografi ini tentu sangat signifikan dan berpengaruh,” ujarnya.

Yulhasni berujar bahwa upaya – upaya untuk membangkitkan partisipasi kaum millenial dalam mengikuti pemilu sudah banyak dilakukan seperti membentuk relawan demokrasi.

“Selama ini menurut hasil riset KPU masyarakat enggan berpartisipasi yaitu faktor eksternal seperti tidak percaya janji partai politik dan faktor internal seperti tidak terdaftar di DPT (Daftar Pemilih Tetap,” katanya.

Dirinya mengakui bahwa untuk faktor internal memang kesalahan terletak pada KPU. Maka dari itu perbaikan dan evaluasi terus dilakukan.

Sementara itu, pengamat politik Universitas Sumatera Utara Fernanda Putra Adella mengatakan bahwa sudah saatnya kaum millenial peduli akan politik sebab masa depan bangsa ini ada di tangan kaum millenial.

“Kaum millenial memang sudah saatnya menjadi tolak ukur atau masyarakat penentu dalam politik. Sebab, ke depannya kepemimpinan bangsa ini ada di tangan generasi millenial,” Tutur Fernanda.

Diskusi yang juga dihadiri oleh Kepala Biro (Kabiro) ANTARA Biro Simut Riza Mulyadi SE, MM ini berlangsung interaktif dan diikuti oleh para mahasiswa yang berasal dari berbagai universitas seperti Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Universitas Sumatera Utara (USU) dan Universitas Negeri Medan (Unimed).

Reporter: Agung Harahap

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

7 Tips Mengerjakan Skripsi Agar Lulus Tepat Waktu

Teropongonline, Medan-Memulai skripsi dengan persiapan dapat menghasilkan skripsi