Go Online Untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Berbasis Digital

Go Online Untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Berbasis Digital

- in Kabar Kampus, kabar medan
512
0

Teropongonline, Medan – Workshop Gapura Digital menjadi wadah pengembangan bisnis melalui digital yang dinaungi oleh Google, dibawakan oleh Okky Putra Barus selaku Founder and Creative Thinker Of GMPCC.CO.ID dan Salman Kalista selaku Tenaga Ahli Network & Server di Clapham Collective, Ruko Centre Point. Sabtu (19/01/19)

Workshop Gapura Digital hari pertama baru saja berlangsung pada sabtu(19/01) , membahas tentang Search Engine Marketing (SEM) dan bagaimana praktiknya , Okky Putra Barus selaku Founder and Creative thinker menjelaskan bahwa beriklan di website dapat mengukur seberapa minat orang tertarik pada iklan kita.

“Salah satu kenapa saya mengarahkan beriklan terutama di website dan jangan hanya di koran atau billboard. ya, memang bagus juga. Namun kalau kita beriklan di google maka kita bisa mengukur. kita bisa tau berapa orang yang melihat iklan kita dan berapa orang yang tertarik untuk meng-click websitenya kita” kata Okky dihadapan mahasiswa dan UMKM kota Medan

Search Engine Marketing (SEM) merupakan  cara melakukan pemasaran online atau internet marketing dan beriklan di internet dengan mengoptimasi mesin pencari search engine terutama Google,  Tak jauh berbeda dari Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM) juga bertujuan untuk mendapatkan tampilan website atau blog pada halaman utama Search Engine Result Page.

Perbedaan  Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM) yaitu dari segi cost atau biaya. SEO tidak memerlukan biaya. Sedangkan SEM berbayar. Pada umumnya pembayaran Search Engine Marketing dilakukan dengan bayar per click. Hasilnya akan dengan cepat terlihat dari berapa besar dana yang dialokasikan. Search Engine Marketing (SEM) berfungsi untuk meningkatkan pengunjung dan terjadinya closing atas produk yang diiklankan.

 Ia juga menjelaskan dalam penggunaan Search Engine Marketing (SEM) lakukan analisis keyword “Sebaiknya kita gunakan analisis keyword  dan bisa menggunakan tools “keyword planner”, gunakan aplikasi google my bisnis, tentukan goals dari website (closing), dan buat website jualan.”Jelasnya.  

Okky Puta Barus berharap dengan adanya Workhsop Digital UMKM kota Medan mampu bersaing dalam media promosi atau iklan berbasis digital.

Reporter : Yulia Sari , Ihza Mahendra, Novia Alviani Napitupulu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Sudut Pandang Mahasiswa Terhadap Privilege dari Good Looking

Teropongonline, Medan – Berpenampilan menarik saat ini kerap