Mahasiswa Harus Sudah Berada di Tingkat Partisipan Politik

Mahasiswa Harus Sudah Berada di Tingkat Partisipan Politik

- in Kabar Kampus, kabar medan
345
0

Teropongonline, Medan – Mahasiswa yang dikenal sebagai kaum intelektual muda diharapkan mampu menjadi contoh bagi kalangan masyarakat guna membangkitkan partisipasi politik di tahun ini. Hal tersebut diungkapkan oleh Pengamat politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Dr. Arifin Saleh Siregar S.Sos M.SP pada Sabtu (19/01/2019).

Dirinya mengatakan bahwa memang sudah seharusnya mahasiswa untuk ikut andil dalam politik seperti ikut dalam kontestasinya.  ” Memang seharusnya mahasiswa itu berpolitik, apalagi mahasiswa Fisip. Bagi saya tidak masalah jikalau mahasiswa itu masuk ke dalam partai dan ikut mencalonkan diri sebagai calon legislatif misalnya jika itu sudah menjadi pilihan dia,” Ungkapnya.

Arifin menjelaskan bahwa dalam teori politik Gabriel Almond yang merupakan ilmuwan politik asal Amerika Serikat bahwa ada tiga tingkatan pemahaman politik. Pertama parokial, kedua kaula, dan ketiga partisipan.

“Jadi Parokial itu tingkat yang tidak mau tahu terhadap peristiwa politik. Ini banyak dijumpai di kalangan masyarakat menengah ke bawah. Tingkat kaula itu yang sudah mulai ingin tahu terhadap politik, mulai mencari arti penting politik. Dan yang ketiga partisipan itu adalah tingkat yang memang sudah paham terhadap politik sehingga benar – benar ikut andil dalam setiap peristiwa politik,” Jelas Arifin yang juga Dekan FISIP UMSU ini.

Mahasiswa, lanjut Arifin yang memiliki daya kritis dan intelektual diharapkan sudah berada di tingkat partisipan. Sehingga mampu memberikan edukasi kepada masyarakat yang masih berada di tingkat parokial dan kaula untuk naik menjadi partisipan.

“Peran mahasiswa seharusnya memang sudah berada di tingkat partisipan. Karena mahasiswa termasuk masyarakat kalangan menengah. Ditambah lagi ilmu yang didapat oleh mahasiswa di perguruan tinggi terkhusus di Fisip tentu bisa menjadikannya lebih paham akan politik. Kalau peran realnya yang diharapkan tentu ikut berpartisipasi sebagai pemilih di pemilu nanti,” Tuturnya.

Mahasiswa diharapkan mampu menjadi agen perubahan dalam konteks politik agar dapat mengubah mindset masyarakat terhadap politik yang selama ini dianggap buruk.

Reporter : Agung Harahap

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Syarat Menjadi Wirausaha yang Sukses

Teropongonline, Medan-Steve Jobs, Walt Disney, Benyamin Franklin, Hans