Debat Capres dan Cawapres Dalam Panggung Debat Pertama

Debat Capres dan Cawapres Dalam Panggung Debat Pertama

- in Politik
447
0
Saat berlangsung debat capres dan cawapres melaui televisi.

Teropongonline, Medan – Debat pertama capres dan cawapres Republik Indonesia telah berlangsung di Hotel Bidakara Jakarta.Kamis(17/01/19)

Debat pertama capres dan cawapres calon nomor urut nol satu (Jokowi-Maa’ruf Amin) dan nol dua (Prabowo-Sandi) cukup terkendali, walaupun diikuti sorakan dari para pendukung masing-masing pasangan calon.

Dedi Mizwar sebagai salah satu tokoh yang ikut berpartisipasi dalam debat pertama ini mengatakan bahwa debat berlangsung cukup kondusif “Suasana cukup kondusif tertib walaupun akhir dalam sesi tanya jawab tadi sedikit mengundang tawa karena jawabannya sangat spontan dari para capres dan cawapres,”ujar Dedi Mizwar saat diwawancarai salah satu stasiun televisi

Saat debat pertama berlangsung, Jokowi sempat membahas perihal kasus Ratna Sarumpaet yang sempat menganggu elektabilitas dari calon presiden nomor urut dua tersebut.

Setelah Jokowi menyinggung mengenai kasus Ratna Sarumpaet dalam babak hukum, Prabowo pun melontarkan statement perihal masalah korupsi yang terus berkembang di Indonesia

“Saya akan naikkan gaji para birokrat negara agar mereka tidak korupsi, dari mana mendapatkan uangnya ? saya akan tingkatkan teks rasio kita yang saat ini 10% menjadi minimal 19%. Sehingga kita bisa memperbaiki kualitas hidup birokrat, kalau dia masih korupsi akan kita tindak lanjut sekeras-kerasnya, kalau perlu kita ikuti negara-negara lain,”ujar capres nomor urut nol dua tersebut.

Memasuki babak terakhir debat, Jokowi Mengatakan bahwa kami siap untuk Indonesia “Kami tidak ingin banyak bicara, kami sudah paham permasalahan di negara ini, kami Jokowi dan Maa’ruf Amin akan mempertaruhkan jabatan dan reputasi kami untuk perbaiki bangsa ini,”ujar Jokowi

Berbeda dengan capres nomor urut nol satu, capres nomor urut nol dua, mengakhiri debat dengan meyakinkan rakyat mengenai permasalahan hukum “Kepastian hukum, penegakan hukum yang akan terus kami tindak lanjuti apabila menerima mandat dari rakyat. Pastinya kami akan bicara realistis agar orang-orang di dalam ini tidak korupsi,”ujar Prabowo.

“Kami yakin negara ini sangat kaya. Namun, terjadi kebocoran kekayaan pada luar negeri, hal ini yang harus kita perbaiki. Ini bukan salah elite politik tapi ini kesalahan kita semua yang harus kita perbaiki bersama,”tambahnya lagi pada saat penutupan debat capres dan cawapres di Hotel Bidakara.

Ira Koesno salah satu pembawa acara debat capres dan cawapres putaran pertama tersebut sempat menyampaikan bahwa suara rakyat sangat berharga untuk penentuan masa depan Indonesia nantinya. “Ingat suara anda sangat berharga untuk menentukan masa depan rakyat Indonesia. Gunakan suara anda karena Indonesia adalah rumah kita,”tegasnya dalam menutup debat capres dan cawapres putaran pertama

Reporter : Clara Wirianda

Editor : Ummu Amnah

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

“Hati-Hati di Jalan” Warnai Playlist Warganet Saat Ini

Teropongonline, Medan- Penyanyi tanah air Indonesia, Tulus kembali