Mahasiswa/i FISIP UMSU peroleh pengetahuan seputar Pemilu lewat Radiasi

Mahasiswa/i FISIP UMSU peroleh pengetahuan seputar Pemilu lewat Radiasi

- in Kabar Kampus
371
0

Teropongonline, Medan – Rabu Diskusi Anak Komunikasi (Radiasi) merupakan kegiatan yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi (HMJ IKO) Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FISIP UMSU). Hari ini, Rabu (09/01/2018) kegiatan tersebut mengangkat tema “PEMILU 2019” yang berlangsung di Rusunawa depan Laboratorium Fotografi.

Puluhan Mahasiswa/i FISIP UMSU terlihat mengikuti diskusi ini dengan cermat dan khidmat mendengarkan pemaparan materi yang dibawakan oleh Jefriansyah selaku Alumni FISIP UMSU dan juga Akhyar Anshori S,Sos, M.I.kom selaku salah satu Dosen FISIP UMSU yang juga Sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi.

Dihadapan puluhan peserta diskusi, Jefriansyah menjelaskan perihal tahapan pendaftaran Calon Legislatif (Caleg).

“Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No 20 TAHUN 2018 menjelaskan tahapan pendaftaran hingga pemungutan suara dengan jelas. Disitu jelas tertulis dari mulai pendaftaran Caleg sampai pemungutan suara yang dilakukan oleh Panwaslu,” jelas Jefri.

Selain itu, Jefri juga memaparkan tahapan kampanye yang dibenarkan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

” Kampanye itu sederhananya terbagi dua, ada tatap muka dan juga sosialisasi. Namun, untuk lebih jelasnya kampanye yang sesuai prosedur dan di benarkan oleh Bawaslu, boleh kalian lihat di PKPU No 23 TAHUN 2018,” lanjut Jefri yang akrab disapa kentung ini.

Salah satu peserta diskusi turut melontarkan pertanyaan kepada narasumber soal pemilih yang sedang tidak berada di domisilinya akan tetapi tetap ingin menggunakan hak suaranya.

Salah satu narasumber, Jefriansyah mengatakan bahwa hal yang demikian bisa diatasi tetapi dengan berbagai macam persyaratan yang harus dipenuhi dan diikuti.

” Nanti itu kan kamu mengisi data di form A5. Datang ke petugas Tempat Pemungutan Suara (TPS) lalu mengajukan diri untuk melakukan pemilihan di lokasi tersebut setelah itu baru kasi alasan kenapa ingin melakukan pemilihan suara di lokasi tersebut. Segera lakukan sebelum tanggal 3 Maret, ” jawab Jefri yang juga merupakan anggota Panwaslu ini.

 Akhyar Anshori, S.Sos, M.I.Kom menambahkan bahwasanya Pemilu kali ini berbeda. Komisi Pemilihan Umum (KPU) kali ini melaksanakan Pemilu serentak, hal ini sebelumnya belum pernah dilakukan.

“Pemilihan serentak ini sebelumnya ingin dilakukan pada 2014 lalu namun baru bisa terealisasi di tahun ini (2019) dikarenakan beberapa faktor. Pada saat melakukan pemilihan di TPS, kita (sebagai pemilih) akan diberikan 5 kertas suara yang harus kita pilih satu persatu,” jelas Sekretaris Prodi Ilmu Komunikasi ini.

 Akhyar juga turut mengingatkan kepada puluhan Mahasiswa yang hadir mengikuti diskusi bahwasanya Mahasiswa juga merupakan sebagai salah satu referensi untuk masyarakat perihal bagaimana Pemilu pada tahun ini berlangsung.

Puluhan Mahasiswa mengikuti diskusi hingga akhir, Program HMJ IKO yang dinamakan Radiasi ini berlangsung secara menarik serta baik dan diakhiri dengan foto bersama oleh peserta dan juga pemateri.

Reporter : Mahda Rafsanjani

About the author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Antrean Kapal Pengangkut di Singapura Pemicu BBM Langka di Sumut

Teropongonline, Medan-“Masyarakat dibuat resah dengan kelangkaan yang terjadi