Niat dan Cara Yang Ikhlas Penting Bagi Organisasi

Niat dan Cara Yang Ikhlas Penting Bagi Organisasi

- in Kabar Kampus
324
0

Teropongonline, Medan – Unit Kegiatan Mahasiswa- Lembaga Pers Mahasiswa (UKM-LPM) Teropong Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara seperti biasanya menggelar pengajian rutin pada Kamis, (20/12/18) malam. Pengajian ini berbeda dari biasanya, UKM LPM Teropong menjalin kerjasama dengan Back To Muslim Identity (BMI) dalam menghadirkan pemateri.


Mengangkat tema, “Jurnalis Idealis dengan Iman Semanis Kukis (Kumpulan Kisah Inspisiratif)”, pengajian rutin ini di ikuti sebanyak 25 orang termasuk didalamnya anggota magang, anggota muda dan pengurus UKM LPM Teropong. Kegiatan ini merupakan kebijakan Divisi Litbang untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam ilmu keagamaan.

Ustad Abdi Wardana selaku pemateri dalam pengajian menjelaskan bahwasanya dunia jurnalis banyak hal penting yang harus di pahami. Menurutnya, dunia jurnalis ialah dunia sangat rentan akan tipu muslihat dunia.

“Hidup dari jurnalis kata teman saya yang wartawan, hidup segan mati tak mau rezekinya. Kecuali kita bermain curang, kalau kita idealis sedikit rezeki. Tapi kalau kita mau bermain curang gampang, datang ke kantor DPR bawa berita ‘pak ini ada berita untuk bapak mau dimuat atau enggak?’ kalau dibilangnya aman, stop sekian amplopmu, ini kisah nyata,”jelasnya.

Abdi menambahkan sebagai seorang muslim dan jurnalis harus terikat kepada hal yang penting yaitu bernilai dihadapan yang maha kuasa. Agar apapun yang dilakukan ada nilai yang dinilai oleh Allah SWT. Sebagaimana salah satu firman Allah SWT dalam Surah Al Mulk ayat ke 2, “Aku menciptakan mati kalian dan hidup kalian sebagai ujian diantara kalian, siapa yang terbaik amalnya dan dialah Allah yang Aziz, tinggi dan maha pengampun.

“Yang pentingkan niatnya. Ini kalimat yang berbahaya. Konsep ahsanu amala (yang terbaik) pedoman yang harus dijaga. Terikat dalam dua hal yaitu niat yang ikhlas dan cara yang benar. Dua prinsip ini tidak boleh dipisahkan, baik itu konteks ibadah mahdhah maupun ghairu mahdhah. Termasuk ketika kalian ini memilih bergabung di Teropong ini,”tambah Abdi saat menyampaikan materinya.

Selain itu ia mengatakan ketika kalian bergabung disini sebagai jurnalis, itu merupakan bagian dari beramal kepada Allah. Bagaimana agar semua itu menjadi lillah itu harus betul-betul terpatri dalam konsep ahsanu amala termasuk bukan hanya salat kita, ibadah kita bahkan hidup kita. Termasuk kita bergabung didalam organisasi ini.

“Mudah mudahan ketika kita bergabung di Teropong ini termasuk kategori ahsanu amala (amal yang terbaik). Jadi bagaimana kita mencapai amalan terbaik kita harus tahu terlebih dahulu apa itu amalan terbaik. Syaikh Ugal bin Niat mengatakan amal terbaik dilihat dari dua hal pertama dilihat dari caranya yang kedua dilihat dari niatnya,”katanya.

Pengajian rutin usai tepat setelah salat isya. Dan ditutup sesi tanya jawab anggota Teropong serta diakhiri dengan penyerahan sertifikat kepada Ustad Abdi Wardana sebagai ucapan terima kasih telah menjadi pemateri dalam pengajian UKM LPM Teropong.

Reporter: Fuad Saleh Mahdy.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

5 Website Kursus Online Gratis Bersertifikat

Teropongonline, Medan-Kursus online semakin menjadi andalan untuk meningkatkan keahlian dan