Gelar PJTD, Anggota Magang UKM – LPM Teropong ditekankan harus multitalenta dan rajin membaca berita

Gelar PJTD, Anggota Magang UKM – LPM Teropong ditekankan harus multitalenta dan rajin membaca berita

- in Kabar Kampus
333
0

Teropongonline, Medan – Unit Kegiatan Mahasiswa – Lembaga Pers Mahasiswa (UKM-LPM) Teropong Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara mengadakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) yang dikemas dengan tema ” Meningkatkan Wawasan Jurnalistik Pada Generasi Millenial di Era Revolusi Industri 4.0 ” di Perpustakaan UMSU pada Sabtu (15/12).

Dalam kegiatan kali ini, UKM-LPM Teropong menghadirkan dua pemateri yang membawakan materi Mobile Video Jurnalism dan Kepenulisan Berita yang dibawakan oleh Sri Wana Sari selaku Kontributor TV One Biro Medan dan Salamun Nasution selaku Jurnalis Sumut Tv.

Wana Sari banyak menjelaskan kepada para peserta tentang bagaimana cara mengambil gambar video jurnalistik dan bagaimana cara melaporkan berita di depan kamera melalui live report.

“Intinya kalian semua itu harus multitalenta. Jadi harus bisa semuanya, mulai dari ambil gambar, editing hingga melaporkan berita di depan kamera. Jadi tidak selamanya misalnya cameraman itu selalu di belakang kamera. Ada suatu waktu dimana dia harus melaporkan berita di depan kamera. Maka, harus bisa semuanya,” Jelas Wana.

Di lain sisi, Salamun Nasution yang membawakan materi tentang kepenulisan berita mengatakan bahwa dalam menulis berita yang paling penting adalah ikuti aturan seperti unsur 5w+1H, dan dalam penulisan kalimat baik di lead ataupun isi hingga penutup harus memperhatikan kaidah kepenulisan kalimat yaitu Subjek Predikat Objek Keterangan (SPOK).

“Yang terpenting jika kalian ingin bisa menulis berita harus dimulai dengan rajin membaca terlebih dahulu. Tidak ada orang yang bisa menulis berita tanpa membaca berita terlebih dahulu. Jadi, menulis berita itu ya sesimpel itu. Berita itu adalah jawaban dari unsur 5w+1H itu tadi,” Ungkapnya dihadapan puluhan peserta.

Ketua Panitia, Ihza Mahendra Pramono menyebut bahwa acara ini digelar guna meningkatkan wawasan para Anggota Magang UKM – LPM Teropong UMSU sekaligus menjadi salah satu syarat agar dapat dikukuhkan menjadi Anggota Muda.

“Kita mengusung tema meningkatkan wawasan pada generasi millenial di era revolusi industri 4.0 karena kita mengharapkan mereka ini (Anggota Magang) yang akan menjadi regenerasi di UKM LPM Teropong ini wawasannya semakin luas tentang dunia Jurnalistik di era revolusi industri 4.0 yang tentu banyak berbagai tantangan yang tidak mudah,” Tuturnya.

Reporter : Agung Harahap


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Efek Terlalu Sering Bergadang Bagi Wanita

Teropongonline, Medan-Idealnya, waktu tidur orang dewasa minimal 7-8