Ubi, Ragam Jenis Ragam Manfaat

Ubi, Ragam Jenis Ragam Manfaat

- in Artikel
838
0

Teropongonline,Medan- setiap jenis ubi memiliki manfaat masing-masing. Berbeda jenis manfaatnya jugaberbeda, namun ada juga yang memiliki manfaat yang sama. Berikut manfaat dari masing-masing ubi.

1.Manfaat Ubi Ungu

Berikut adalah beberapa manfaat ubi ungu lain yang perlu Anda ketahui, yaitu:

  • Menurunkan tekanan darah tinggi

Menurut para peneliti,mengonsumsi ubi ungu efektif mengurangi tekanan darah, serta menurunkan risikopenyakit jantung dan stroke pada penderita hipertensi. Sayuran, buah-buahan,atau umbi-umbian berwarna ungu kaya akan karotenoid, asam fenolat, danantosianin, yaitu zat pemberi warna ungu yang memiliki sifat antioksidan.Fungsi antioksidan tersebut ialah mengurangi peradangan kronis yang terkait denganpenyakit jantung dan stroke.

  • Menjaga berat badan

Ubi ungu baik dikonsumsi oleh penderita obesitas. Dalam sebuah penelitian kecil terhadap pasien obesitas disimpulkan bahwa menambahkan dua porsi ubi ungu setiap hari selama satu bulan dalam asupan makanan tidak akan membuat berat bedan naik. Sekaligus, tekanan darah mereka pun berkurang.

  • Anti kanker

Ubi berwarna, seperti ubi ungu, memiliki jumlah komponen antikanker yang tinggi. Sekali lagi, ini berkat antioksidan yang kerap kali dikaitkan dapat mengurangi risiko kanker. Asupan makanan yang kaya antioksidan, seperti karotenoid, dapat menetralkan radikal bebas sehingga menurunkan risiko kanker lambung, ginjal, usus besar, dan payudara.

2. Manfaat Ubi Jalar untuk Kesehatan

Berbagai risiko penyakit diduga dapat dikurangi dengan mengonsumsi ubi jalar secara teratur.Penyakit-penyakit tersebut antara lain:

  • Kekebalan tubuh

Lagi-lagi, beta karoten pada ubi jalar memiliki peran yang hebat. Zat ini bekerjasama dengan vitamin C dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Dua zat yang juga memiliki sifat antioksidan ini membentuk kombinasi nutrisi yang kuat untuk mendukung peningkatan sistem kekebalan tubuh.

  • Pencernaan

Serat tinggi yang terkandung pada ubi jalar membantu sistem pencernaan menjadi lebih baik dan mencegah terjadinya sembelit.

  • Diabetes

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ubi jalar dapat mengurangi kadar gula dalam darah penderita diabetes. Ubi jalar juga ditengarai dapat mengurangi resistensi sel terhadap insulin dan menurunkan kadar HbA1C dalam darah yang meningkat pada penderita diabetes.Namun, penelitian tersebut masih terbatas pada studi berkualitas rendah dan data tersebut masih perlu dikaji lebih lanjut.

  • Manfaat Singkong Bagi Kesehatan

Singkong termasuk dalam sayuran akar atau umbi-umbian. Sebagian orang menggunakan akar untuk membuatobat. Manfaat singkong bagi kesehatan masih memerlukan pembuktian lebih lanjut,namun selama ini telah dipercaya dapat digunakan untuk mengatasi kelelahan,dehidrasi akibat diare, sepsis, dan bahkan untuk menginduksi persalinan.Manfaat singkong lainnya yakni dapat sebagai menu diet bagi penderita diabetes. Singkong, ubi jalar, kentang,dan ubi mengandung vitamin C dan beta-karoten. Vitamin C berguna melindungi sistem imunitas tubuh, mencegah penyakit kardiovaskular, hingga masalah kerutan di kulit. Sementara itu, beta-karoten merupakan antioksidan yang memiliki banyak fungsi seperti  mengurangi  risiko terbakar sinar matahari, gejala asma,mencegah kanker jenis tertentu, penyakit jantung, katarak, serta degenerasimakula terkait usia (AMD).

TR: Novia Alfiani Napitupulu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

KontraS Sumut Akan Gelar Aksi Bela HAM di Tugu Nol Medan

Teropongonline, Medan-Peringati Hari HAM Internasional, Komisi Untuk Orang