Dari hasil Survei SDKI, BKKBN Sumut terbukti berhasil tekan angka kelahiran

Dari hasil Survei SDKI, BKKBN Sumut terbukti berhasil tekan angka kelahiran

- in kabar medan, Politik, Ragam, Terkini
363
0

Teropongonline,Medan-Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Sumatera Utara (BKKBN SUMUT) menggelar konferensi pers di Aula Kantor BKKBN Sumut Jalan. Gunung Krakatau pada Rabu (5/12/2018).

Konferensi pers ini dilakukan dalam rangka sosialisasi dan pemberitahuan hasil Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik untuk mengetahui sejauh mana peran BKKBN Sumut dalam menekan angka kelahiran dan pemberitahuan alat kontrasepsi modern di kalangan masyarakat Sumatera Utara.

Kepala BKKBN Sumut, Temazaro Zega mengatakan bahwa sesuai hasil survei tersebut Sumatera Utara dapat digolongkan sebagai provinsi yang sangat sukses dalam menekan angka kelahiran.

” Dari hasil survei ini bisa kita lihat bahwasanya yang paling berhasil kita tekan angka kelahirannya yaitu di kawasan perkotaan dibanding pedesaan. Ini terjadi karena banyak faktor, salah satunya adalah faktor pendidikan masyarakatnya yang masih tergolong rendah sehingga tidak menyadari dan memahami apa akibat dari pernikahan dini misalnya,” Ujarnya dihadapan wartawan.

Menurut data yang dipaparkan, BKKBN Sumut berhasil menekan angka kelahiran hingga berkisar 21 persen dan akan terus meningkatkannya di kemudian hari.

” Target kita bisa mencapai 29 persen. Dalam pelaksanaannya kita juga melakukan sosialisasi dan himbauan bahwasanya saat ini pemerintah menganjurkan menikah itu harus berusia 22 tahun ke atas. Kita pertimbangkan bahwa di usia inilah kita mencapai masa matang dari segala sisi,” Paparnya.

Untuk mencapai target tersebut, BKKBN Sumut juga melaksanakan program yang dinamakan Kampung KB. Kampung KB ini di isi oleh masyarakat yang sudah banyak dilakukan sosialisasi dan memiliki pengetahuan yang cukup tentang pentingnya program Keluarga Berencana (KB). Kampung KB ini juga nantinya diharapkan agar bisa menjadi spektrum dan berpengaruh kepada kampung – kampung lainnya. Saat ini ada sekitar 2 daerah Kampung KB di setiap Kecamatan di Sumatera Utara.

Reporter:Agung harahap, Mahda Rapsanjani.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Bikin Cantik Kota Medan Lewat Kreativitas Anak – Anak Mudanya

Teropongonlin, Medan – Berbagai komunitas di Kota Medan