5 PERADABAN TERKUNO DI DUNIA

5 PERADABAN TERKUNO DI DUNIA

- in Artikel, Ragam
1439
0

Teropongonline, Medan – Tahukah kamu apa itu peradaban ? Ya, Peradaban adalah kumpulan seluruh hasil budi daya manusia, yang mencakup seluruh aspek kehidupan manusia, baik fisik (misalnya bangunan, jalan), maupun non-fisik (nilai-nilai, tatanan, seni budaya, maupun iptek).

Jadi, peradaban merupakan suatu fase perubahan perilaku hidup manusia dari jaman ke jaman, mulai dari jaman batu hingga jaman sekarang itu dinamakan peradaban.

Nah, untuk peradaban terkuno itu sendiri ada :

1.MESOPOTAMIA

Kamu pasti tau Irak, kan ? ya, wilayah yang sekarang kita kenal sebagai Irak merupakan wilayah Peradaban Mesopotamia Kuno.

Meso yang artinya tengah dan potomes artinya sungai, jadi mesopotamia adalah daerah yang diapit oleh 2 sungai yaitu eufrat dan tingris. Yang saat ini disebut Republik Islam Irak.

Mesopotamia dianggap merupakan peradaban tertua di muka bumi sejak evolusi manusia. Penetapan ini didasarkan karena belum ada bukti lagi yang ditemukan bahwa telah ada masyarakat sebelum mereka. Mesopotamia adalah negara kerajaan kota yang  pada zaman perunggu terdapat kerajaan kota sumeria yang berpusat di akkadia dan kerajaan kota assyiria yang berpusat di babylonia. Rumpun semit menduduki daerah-daerah disekitar mesopotamia. Mereka hidup secara semi nomadik. Mereka beternak dan kafilah-kafilahnya yang bergerak untuk mengangkut dagangan.

Bangsa sumeria membangun sebuah bangunan yang bernama ziggurat. Ziggurat tersebut dibangun dengan menggunakan batu bata, yang menjulang tinggi didirikan di kawasan lembah sungai.

Bangsa  akadia dipimpin oleh sargon yang mendirikan kekaisaran pertama di dunia sekitar tahun 2334 sm. Kekuasaan yang baru ini dapat menciptakan ketertiban pada bangsa akkadia yang lebih besar, tetapi sekaligus juga kekejaman dan kekerasan.

Bangsa babilonia dipimpin oleh hammurabi. Ia dikenal sebagai pemimpin yang efisien, terkenal dengan hukum yang disusunnya, dan menciptakan stabilitas di kawasan yang telah lama megalami masa pergolakan. Inti hukum dari hammurabi adalah “mata ganti mata, gigi ganti gigi” yang dijatuhkan bagi pelaku yang melakukan kejahatan.

2.SUNGAI INDUS

Buat kalian pecinta  film-film bollywood  pasti sudah tau sejarah kisah tentang sungai indus ini, film berjudul Mohenjo Daro yang dibintangi oleh Hrithik Roshan dan Pooja Hegde ini telah meraih sukses dirana industri film internasional. Sungai indus adalah nama salah satu sungai besar di india. Terletak di sekitar daerah punjab yang mana sekarang ini terbagi menjadi 2, sebagian di india dan sebagian di pakistan.

Pada zaman prasejarah, di lembah sungai sindhu yang subur terdapat sebuah peradaban  manusia. Peradaban manusia ini adalah kaum bangsa arya yang masuk melalui celah – celah pegunungan hindu kush lalu menetap pertama kali di lembah mohenjo-daro dan harappa di barat laut india. Di sinilah lahirnya agama hindu yang akar katanya berasal dari nama sungai sindhu tersebut. Aliran sungai sindhu sendiri yang dengan aliran anak – anak sungai yang lain kemudian bertemu dan menyatu menjadi aliran sungai gangga di india utara.

3.MESIR

Peradaban mesir kuno merupakan sebuah perkembangan kehidupan bangsa mesir yang dahulu menempati sebuah daratan yang sekarang dikenal dengan mesir. Peradaban mesir kuno tumbuh dan berkembang di sepanjang aliran lembah sungai nil.

Sistem kepercayaan mesir kuno adalah polytheisme. Artinya, menyembah banyak dewa-dewi. Bangsa mesir mengenal sekitar 2000 dewa-dewi. Ada dewa-dewi yang bersifat nasional, artinya disembah seluruh rakyat mesir kuno. Ada pula dewa-dewi yang bersifat lokal, artinya disembah rakyat mesir dan kalangan tertentu dan di wilayah tertentu saja. Selanjutnya, kepercayaan mesir kuno tidak dapat dilepaskan dari tradisi pengawetan jenazah mummi. Tradisi itu memperlihatkan kepercayaan mesir kuno bahwa orang yang telah mati akan hidup abadi asalkan raganya tetap utuh. Salah satu Mummi yang terkenal adalah mummi Firaun

 

4.MAYA

Peradaban maya adalah sebuah peradaban di Meso Amerika yang dibangun oleh bangsa maya. Peradaban ini dikenal akan aksara hieroglifnya dan juga akan seni rupa, arsitektur, matematika, kalender, dan keahlian astronominya.

5 fakta unik tentang maya :

  • Bangsa yang kejam

Pandangan populer mengganggap maya sebagai suku yang damai, gemar mengamati bintang, memperdagangkan giok, emas, dan bulu-bulu cantik untuk ditukar dengan barang lain. Namun, anggapan itu sirna saat para arkeolog mengungkap simbol-simbol dan huruf kuno yang ditinggalkan di patung-patung dan sejumlah kuil. Ternyata, bangsa maya tak lebih kejam dari tetangganya di utara, aztek. Adegan perang, pembantaian, dan pengorbanan manusia diabadikan dalam lukisan batu.

  • Melek huruf

Bangsa maya ternyata memiliki bahasa, huruf, bahkan buku. Bagi mata yang tak terlatih, abjad mereka terlihat seperti serangkaian titik dan coretan yang aneh. Pada kenyataannya, suku maya kuno menggunakan bahasa yang kompleks. Tak semua anggotanya bisa membaca. Buku-buku itu diduga diproduksi dan digunakan oleh para pemuka kepercayaan atau imam.

  • Ritual pengorbanan manusia

Ternyata orang maya sama haus darahnya saat memberi persembahan pada para dewa yang mereka puja. Negara-negara kota maya sering bertempur satu sama lain dan banyak pejuang musuh tertawan. Tawanan ini biasanya diperbudak atau dikorbankan. Maya kuno adalah salah satu peradaban yang paling misterius di dunia. Mereka percaya dunia bawah tanah yang ada di gua-gua adalah rumah bagi para dewa yang mengendalikan hujan dan panen. Anak-anak belia dan perempuan diyakini sebagai manusia yang murni dan paling diinginkan para dewa. Maka dari itulah mereka dijadikan tumbal untuk mendapatkan keberuntungan kolektif.

  • Binasa secara misterius

Sekitar tahun 700 masehi, peradaban maya menjadi kuat. Negara-negara kota yang berkuasa memerintah para pengikut yang lemah, perdagangan berlangsung pesat, dan prestasi budaya seperti seni, arsitektur, dan astronomi pada puncaknya.  Pada 900 masehi, sejumlah negara kota yang menjadi pendukung penting kebudayaan maya, seperti tikal, palenque, dan calakmul mengalami kemunduran dan ditinggalkan. Peradaban maya pun merosot hingga akhirnya binasa. Apa yang sebenarnya terjadi? Tidak ada yang tahu pasti. Beberapa ahli menyebut, perang adalah pemicunya. Lainnya berpendapat, perubahan iklim, kelaparan, dan wabah penyakit sebagai faktor utama. Mungkin juga, yang terjadi adalah kombinasi dari semua tersebut. Namun, hingga saat ini para ahli belum menemukan kata sepakat.

5.YUNANI

Peradaban yunani kuno pertama diyakini terbentuk hampir 4.000 tahun yang lalu (sekitar 1600 sm) oleh Mycenaean di kreta (pulau yunani). masing-masing daerah memiliki hukum, adat dan penguasa sendiri.

Masyarakat yunani memiliki beberapa takhayul yang aneh tentang makanan. Misalnya, mereka tidak tidak akan makan kacang karena mereka percaya di dalam makanan tersebut terdapat jiwa-jiwa orang mati. Orang-orang yunani kuno memiliki banyak cerita tentang dunia mereka. Para dewa ada di dalam cerita ini dan begitu pula mitologi monster. Seperti cerberus, anjing berkepala tiga yang menjaga gerbang ke neraka, medusa, seorang penyihir ular yang  bisa membuat orang menjadi batu, dan cyclops yang memiliki satu mata di tengah dahinya.

Bangsa yunani kuno memiliki teater. Mereka suka menonton drama, dan sebagian besar kota memiliki teater. Beberapa cukup besar sehingga dapat menampung 15.000 orang. Yunani kuno mengadakan banyak festival untuk menghormati dewa-dewa mereka. Misalnya untuk merayakan dewa zeus maka dilaksanakan olimpiade yunani yang pertama di kota olympia pada 776 sm. Para pemenang dari setiap pertarungan diberi karangan bunga dari daun, dan ketika mereka kembali ke rumah, mereka akan diberi makanan gratis serta kursi yang terbaik di teater.

Itulah 5 peradaban kuno dunia yang berpengaruh besar terhadap kehidupan kita saat ini.

Reporter : Sariya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Efek Terlalu Sering Bergadang Bagi Wanita

Teropongonline, Medan-Idealnya, waktu tidur orang dewasa minimal 7-8