BPC HIPMI Sergai Gelar Rakercab dan Diklatcab

BPC HIPMI Sergai Gelar Rakercab dan Diklatcab

- in kabar medan
330
0
BPC HIPMI Sergai Gelar Rakercab dan Diklatcab

Teropongumsu, Medan – Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Kab. Serdang Bedagai melaksanakan rapat kerja cabang (Rakercab) dan latihan cabang (Diklatcab) bertajuk, “Pengembangan Usaha Kecil Menengah di Era Digital”. Acara ini berlangsung di Aula Sultan Serdang, Sei Rampah pada Sabtu siang, (17/11/18).
.
Tujuan acara ini digelar yaitu agar BPC HIPMI Sergai dapat berdiskusi untuk merumuskan program kerja. Turut hadir dalam acara, Bupati Sergai atau yang diwakili oleh Asisten Perekonomian Pembangunan dan Sosial Kab. Serdang Bedagai Ir. Kaharuddin, Ketua Umum BPD HIPMI Sumut Mazz Reza Pranata, S.E, Sekretaris Umum Yudha Johansyah M.SP dan beberapa pengurus BPD HIPMI Sumut lainnya.

Asisten Perekonomian Pembangunan dan Sosial, Ir. Kaharudin mengatakan bahwa dengan berlangsungnya Rakercab dan Diklatcab ini nantinya HIPMI Sergai mampu membantu dalam perkembangan ekonomi hidup masyarakat Sergai.

“Kekayaan Sergai melimpah tetapi pertumbuhan ekonomi stagnan di 5% dan rata-rata pengangguran itu tamatan SMA. Jangan hanya berpikir untuk bekerja menjadi Pegawai Negri Sipil, tetapi cobalah untuk memulai usaha. Bersama HIPMI, perekonomian Sergai butuh inovasi dalam rangka mengatasi ekonomi global yang tidak kondusif,”katanya.

Pemkab Sergai juga sudah mempersiapkan strategi dan kebijakan dalam memasarkan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bekerjasama dengan PT Reska (anak dari perusahaan kereta api) Sei Rampah. Hal ini dilakukan dalam upaya membantu perekonomian masyarakat.

“Kami juga telah bekerjasama dengan PT Reska (anak perusahaan kereta api) dalam memasarkan produk UMKM. Selain itu kita juga ada aplikasi namanya Sipinter untuk memudahkan mengurus perizinan dalam membangun usaha. Serta kami selalu berupaya untuk menggalakkan pertanian dan inovasi dalam menggemakan pertanian organik,”ujar Kaharudin.

Ketua Umum BPC HIPMI Sergai Muhammad Ziad Ananta S.Sos., M.Si mengatakan bahwa pihaknya bersiap untuk membantu perekonomian Pemkab Sergai. Tetapi dengan adanya tiga pintu tol sekarang, ia melihat geliat usaha di Sergai ini menurun.

“Di Kabupaten Sergai geliat usaha menurun karena ada jalan tol, kami juga sudah berdiskusi dengan Pemkab, contohnya produk dodol yang berada di Pasar Bengkel. Sangat menurun berdasarkan pengamtan saya. Ini juga menjadikan kajian strategis untuk HIPMI dan Pemkab untuk mendapatkan hasil yang terbaik,”katanya.

Berbicara mengenai HIPMI, Ziad sapaan akrabnya mengaku beruntung mengenal HIPMI. “Organisasi ini mencetak usahawan sukses. Pengusaha adalah sesuatu yang sangat menjanjikan. Bahkan orang-orang besar seperti Sandiaga Uno, Agung Laksono, Aburizal Bakrie, mereka itu pengusaha yang dulunya berkiprah di HIPMI ini,”ucap Ziad.

Ketua BPD HIPMI Sumut Mazz Reza Pranata turut memberikan sambutannya dalam acara tersebut. Ia mengatakan bahwa sekarang ekonomi global tidak kondusif dan perlu kerja keras untuk menyikapi UMKM.

“HIPMI melakukan survey besar-besaran bahwa 60% anak muda itu tertarik untuk menjadi pengusaha, sedangkan 40%nya tidak. Karena apa yang 40% itu tidak? Tentu jawabnya modal. HIPMI berperan penting dalam inkubator pengusaha untuk menyalurkan bantuan dan pembinaan usaha dengan kriteri tertentu, maka dari itu kita perlu kerja keras untuk mengubah ekonomi global yang tidak kondusif,”kata Reza yang merupakan sapaan akrabnya.

HIPMI juga telah melaunching aplikasi untuk memasarkan produk pengusaha, dengan nama aplikasi bosque di playstore. Sudah 1000 lebih yang telah mengunduh aplikasi tersebut.

Fenomena pembangunan infrastruktur pasti ada sisi positif dan negatifnya. “Maka dari itu saran saya, di tiga pintu tol Sergai ini kan berhubungan erat dengan tanah PTPN, maka coba HIPMI Sergai dan Pemkab audiensi dengan pihak PTPN. Audiensi dalam upaya menghibahkan sebagian tanah untuk menyebarluaskan produk UMKM”,tutur Reza.

Acara Rakercab dan Diklatcab dibuka langsung oleh Asisten Perekonomian Pembangunan dan Sosial, Ir. Kaharudin. Diakhir acara, BPC HIPMI Kab. Sergai berikan piagam penghargaan kepada BPD HIPMI Sumatera Utara dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

Reporter : Fuad Saleh Madhy

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Antrean Kapal Pengangkut di Singapura Pemicu BBM Langka di Sumut

Teropongonline, Medan-“Masyarakat dibuat resah dengan kelangkaan yang terjadi