Era Revolusi Industri 4.0 Jadi Tantangan Para Wisudawan

Era Revolusi Industri 4.0 Jadi Tantangan Para Wisudawan

- in Kabar Kampus
322
0
Rektor UMSU saat diwawancarai mengenai Wisuda Periode II

Teropongonline, Medan – Pelaksanaan Wisuda Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Periode II tahun 2018 berlangsung di Selecta Convention Hall Lantai 5, Jl Listrik No. 2 Medan. Selasa, (13/11/18). Sebanyak 1.690 wisudawan resmi dilepas oleh UMSU.

Dalam sambutannya, Rektor UMSU Dr Agussani MAP mengucapkan selamat kepada para wisudawan yang telah berhasil menjadi sarjana. Ia mengatakan bahwa mahasiswa harus mengikuti perubahan zaman yang semakin pesat, apalagi kini katanya tengah dihadapkan dengan era revolusi 4.0.

“Perkembangan informasi dan teknologi begitu pesat oleh karenanya kita dituntut untuk mengikuti perkembangan zaman. Di era revolusi 4.0 ini kita terus meneropong dan mempersiapkan masa depan dimana kemajuan teknologi dan informasi mempengaruhi banyak hal. Salah satunya pekerjaan, yang dimana biasanya bersifat rutin akan digantikan oleh kecanggihan teknologi,” kata Agussani.

Menurutnya tantangan akan semakin berat dengan seiring berkembangnya zaman. Apalagi kemajuan teknologi dan informasi merambat hingga ke dunia pendidikan tinggi. Hal tersebut harus dilawan dengan inovasi baru yang terus diperbaiki oleh pihak perguruan tinggi.

“Tentunya ini adalah tantangan sekaligus peluang bagi perguruan tinggi yang melakukan inovasi dan bagi jurusan perguruan tinggi khususnya UMSU, tentunya kita tidak akan bisa menimbang dari exitnya teknologi ini dan harus mampu merubah tantangan ini. Kami semua siap menghadapi kompetisi ini sebagai alumni dan generasi milenial,” ujarnya.

Dengan memunculkan sebuah inovasi yang akan membawa perubahan bangsa, Agussani mengatakan wisudawan dituntut kiranya sudah memiliki kemampuan literasi dan menunjukkan softskill untuk bersaing menuju pintu kesuksesan. “Saudara harus memiliki kemampuan dan keunggulan dalam literasi interaksi teknologi serta interaksi manusia. Dan ketersediaan kemampuan skill agar lulusan informatik data nantinya untuk meningkatkan layanan publik dan sosial. Selain itu wisudawan harus memiliki literasi manusia, dimana menunjukkan kemampuan softskill atau perkembangan karakter individu untuk bisa beroperasi efektif di era banjirnya informasi saati ini,”kata Rektor UMSU

Agar dapat terus bersaing menjadi perguruan tinggi terbaik dimata masyarakat dan merebaknya perkembangan teknologi yang semakin pesat, Agussani menyebutkan bahwa UMSU terus melakukan berbagai inovasi dalam meningkatkan jurusan teknologi. Selain itu juga ia terus memonitoring daya saing kerja keras seluruh civitas akademika agar terciptanya suatu sistem perguruan tinggi yang baik.

Reporter : Noverina, Widya , Ihza Mahendra

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Sudut Pandang Mahasiswa Terhadap Privilege dari Good Looking

Teropongonline, Medan – Berpenampilan menarik saat ini kerap