Launching dan Pelatihan Aplikasi Perpustakaan Digital UMSU

Launching dan Pelatihan Aplikasi Perpustakaan Digital UMSU

- in Kabar Kampus
435
0

Teropongonline, Medan – Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara adakan Launching dan Pelatihan Aplikasi Perpustakaan Digital pada hari Sabtu,(10/11/18) di Auditorium Kampus Utama UMSU.

Launching dan pelatihan ini terbuka untuk umum dan bertujuan memudahkan para literasi dalam mengakses bacaan dari internet. UPT Perpustakaan UMSU bekerjasama dengan PT Enam Kubuku Indonesia dalam meluncurkan aplikasi perpustakaan digital.

Dr. Muhammad Arifin, S.H.,M.Hum selaku Wakil Rektor I UMSU memaparkan bahwasanya membaca itu sangatlah urgent bagi mahasiswa. “Kalau kita masih sama saja seperti yang kemarin, berarti kita termasuk golongan orang yang merugi. Maka membaca akan membawa perubahan berarti dengan ide-ide yang akan muncul di benak kita,”paparnya.

Melihat perkembangan zaman yang semakin maju. Wakil Rektor I UMSU ini menilai minat mahasiswa sekarang sangat rendah untuk membaca buku. “Satu hari ada berapa jam yang anda sisakan untuk membaca? Adakah waktu kita untuk membaca? Yang tidak mempunyai buku saja bisa jadi sarjana, apalagi yang memiliki buku dan membacanya? Tentu akan sangat luar biasa,”imbuhnya.

Maka dari itu ia berharap dengan adanya perpustakaan digital ini dapat menyadarkan minat mahasiswa untuk membaca walaupun tidak ke perpustakaan tetapi dapat di akses melalui internet.

Plt. Kepala Perpustakaan Muhammad Arifin, S.Pd M.Pd mengatakan dalam kata sambutannya bahwa di era revolusi industri 4.0 kita dihadapkan dengan era digital yang semakin canggih. “Di era ini kita sudah tidak lagi memikirkan berapa banyak orang yang mengunjungi perpustakaan (bukti fisiknya). Tetapi kita harus berfikir bagaimana menyediakan aksesibilitas yang diberikan kepada mahasiswa,”katanya.

Perpustakaan merupakan tempat untuk menimba ilmu para doktor doktor, lahirnya orang-orang cendikiawan terus berkiprah. Perpustakaan UMSU tercatat sudah terakreditasi A pada 09 November 2018 dan terus melengkapi fasilitas dan mengikuti perkembangan teknologi.

“Kita membuat repository sudah 7000 lebih skripsi dan tesis makalah bisa diakses bebas. Jadi mahasiswa tidak perlu datang ke perpustakaan melihat skripsi tetapi mahasiswa bisa melihat melalui gadget dan internetnya. Terus kita juga bisa melihat apakah buku yang kita cari ada atau tidak. Setelah kita lihat zaman terus berkembang orang ingin membaca melalui handphone. Sejak dirilis tanggal 24 Maret 2018 aplikasi perpustakaan digital diluncurkan dan sudah hampir 1000 orang yang mendownload,”kata Arifin.

Senada dengan Wakil Rektor I, Plt Kepala Perpustakaan ini menuturkan harapan kepada mahasiswa dan para tamu agar banyak membaca dimanapun berada. “Karena dengan membaca dapat menghasilkan inovasi baru. Bahwa menghadapi era digital ini kita harus rajin membaca supaya kita melahirkan ide-ide cemerlang dan pemikiran yang baru,”harapnya.

Acara ditutup dengan penandatanganan kerjasama  oleh Direktur Kubuku dan Graha Ilmu, UPT Perpustakaan UMSU, Wakil Rektor I serta empat perpustakaan lainnya yang berasal dari UINSU, Panca Budi, Wilmar dan Quality.

Reporter : Nazla Irwani, Ayu Sintia

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

5 Website Kursus Online Gratis Bersertifikat

Teropongonline, Medan-Kursus online semakin menjadi andalan untuk meningkatkan keahlian dan