Yuk! Kenali Jenis Jenis Sampah disekitar Mu

Yuk! Kenali Jenis Jenis Sampah disekitar Mu

- in Artikel, Kabar Kampus
350
0

Teropongonline, Medan – Sampah merupakan sisa barang yang sudah tidak layak pakai lagi. Seringkali kita sendiri sebagai mahasiswa tidak sadar akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya. Padahal banyak disudut- sudut kampus dan tiap koridor kelas disediakan fasilitas tong sampah, baik yang sampah organik maupun non organik.

Tahu enggak kalian perbedaan sampah organik dan non organik? Jadi, sampah organik merupakan sampah yang dapat diuraikan seperti contoh sisa-sisa dari makhluk hidup (hewan dan tumbuhan). Contohnya, sisa-sisa kulit buah, daun, ranting pohon, kertas, kayu dan sebagainya. Nantinya sampah organik tersebut dapat diolah menjadi pupuk kompos yang berguna untuk menyuburkan tanah.

Dengan pengelolaan se-demikian rupa, kompos juga menyeimbangkan kandungan air didalam tanah. Selain itu tanaman yang kita beri kompos akan terhindar dari racun dan baik untuk kesehatan.
.
Seangkan sampah anorganik yaitu sampah yang sudah tidak dapat dipakai dan dibuang. Sampah ini tidak bisa diuraikan dan tidak dapat hancur dalam waktu yang lama sekalipun dibakar. Contohnya: plastik, minuman mineral, botol minuman, kaleng, besi dan sebagainya.

Meski begitu, sampah anorganik patut menjadi perhatian juga bagi khalayak ramai nih. Sebab sampah ini dapat dimanfaatkan biasanya untuk pengelolaan industri rumah tangga dengan cara mendaur ulang sampah tersebut.

Kita sebagai mahasiswa (agent of change) harus dapat membedakan mana sampah organik dan anorganik yaa. Dengan tidak membuang sampah sembarangan akan mencegah kerusakan alam dan akibat lainnya yang tentu saja berdampak negatif. Saling menjaga dan mengingatkan ya pong bukan dikampus saja, melainkan dimanapun kalian berada.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

“Hati-Hati di Jalan” Warnai Playlist Warganet Saat Ini

Teropongonline, Medan- Penyanyi tanah air Indonesia, Tulus kembali