Antisipasi Pedagang Berjualan, Posko PK5 Kembali Didirikan

Antisipasi Pedagang Berjualan, Posko PK5 Kembali Didirikan

- in Kabar Kampus
279
0

Teropongonline, Medan – Posko PK5 (pedagang kaki lima) didirikan tepat didepan Masjid UMSU Jl. Kapten Muchtar Basri No. 3 Medan. Selasa (06/11/18). Posko ini dibuat bertujuan sebagai kontrol atau antisipasi agar pedagang tidak kembali berjualan di trotoar.

Fungsi dari trotoar yang sepatutnya hak pejalan kaki diseputar kawasan UMSU sudah kita ketahui sejak lama menjadi lahan bisnis bagi pedagang kaki lima. Sudah sebulan lebih juga disekitar kawasan UMSU ini Pemerintahan Kota Medan menertibkan pedagang dan membersihkan saluran drainase parit.

Sanusi selaku Kepala Lingkungan Kel. Glugur Darat II, Medan Timur mengatakan posko dibuat agar pedagang tidak berjualan kembali di trotoar dan untuk menjaga ketertiban. “Setelah beberapa hari dibiarkan setelah pembersihan drainase pedagang kaki lima mulai kembali berjualan, maka dari itu kami membuat posko dan garis pembatas untuk mencegah pedagang kembali,” katanya saat ditemui di posko.

Menurutnya sudah lama penertiban ini direncanakan tapi tetap belum terealisasikan, “Ya karena didaerah ini merupakan jalur banyak tamu, masyarakat, khususnya mahasiswa yang berkuliah di UMSU dan memang juga sudah ada peraturannya tidak boleh berjualan diatas trotoar. Karena itu merupakan hak pejalan kaki,”katanya.

Ia menambahkan posko PK5 ini diperkirakan akan bertahan selama kurang lebih 40 hari berdasarkan koordinasi pemerintah setempat, kelurahan, kecamatan. Dan selama 40 hari, pembersihan drainase juga terus dilakukan.

Sanusi mengingatkan jika masih ada yang bersikeras berjualan di trotoar tersebut maka akan ada tindak tegas dari pihak pemerintah setempat. “Jika ada yang tetap bersikeras berjualan, pihak pemerintah telah menyiapkan Satpol PP untuk menertibkannya,”tegasnya.

Setiap harinya posko tersebut akan ada yang menjaganya. Selain itu juga sedikit tanah yang merupakan milik dari UMSU yang berbatasan dengan parit dan ditempati oleh pedagang nantinya kata Sanusi akan dibuat taman menurut informasi yang diterima nya.

Reporter : Fuad Saleh Madhy

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

“Hati-Hati di Jalan” Warnai Playlist Warganet Saat Ini

Teropongonline, Medan- Penyanyi tanah air Indonesia, Tulus kembali