Pelatihan Jurnalistik Nasional, Pers Mahasiswa Teropong Datangkan Jurnalis Senior

Pelatihan Jurnalistik Nasional, Pers Mahasiswa Teropong Datangkan Jurnalis Senior

- in Kabar Kampus
426
0
uni lubis menyampaikan materi kepenulisan dihadapan para peserta pelatihan jurnalistik mahasiswa nasional

Teropongonline, Medan – Dalam ajang Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut (PJTLN) UKM LPM Teropong datangkan jurnalis senior Uni Lubis yang sekarang menjabat sebagai pemimpin redaksi IDN Times. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Pascasarjana UMSU Jl. Denai No. 127 Medan. Jum’at (02/10/18).

Uni sapaan akrabnya menjelaskan tentang sejarah IDN Times dan betapa pentingnya positioning atau arah dalam sebuah media. Hal ini dilakukan agar menjadi ciri khas dari suatu media dan jelas arah tujuannya.

“Kalau kalian benar-benar menekuni media harus percaya diri dan berani karena sekarang eranya startup ya. Yang penting tahu positioningnya, nah kenapa IDN Times cepat berkembang? Karena belum ada media di Indonesia yang secara khusus menggarap pasar milenial dan Gen Z (anak muda)”, jelasnya.

Ia juga mengatakan pentingnya dari sebuah konten berita atau artikel. Nanti nya dari konten tersebut dapat menarik perhatian dan keingintahuan pemirsa untuk membacanya. Dan para milineal muda itu lebih tertarik dengan bacaan yang ekstrim dan menggigit.
.
“Tema berita atau artikel itu harus menggigit dan bagaimana milenial audience mengkonsumsi informasi secara pendek, cepat, menarik, kultural, grafis dan video. Karena sasarannya adalah ditengah banyaknya kesibukan, bagaimana cara orang membaca berita tidak lebih dari dua menit”,katanya.

Uni menambahkan bahwa kalian sebagai jurnalis muda harus juga belajar mengenai tugas-tugas marketing. Ini merupakan hal penting karena dari marketing kita tahu berita yang seperti apa yang diinginkan oleh konsumen.

“Dengan marketing, kita menunjukkan produk dan konten produk. Tentunya juga kita mengetahui siapa target pembaca dan yang paling penting adalah knowing your audience (tahu apa yang diinginkan oleh pemirsa). Inilah hal yang harus sangat diperhatikan”, tambahnya.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab peserta PJTLN dan kemudian penyerahan plakat, ulos dan cenderamata oleh Pemimpin Umum UKM LPM Teropong Mutia kepada Pemimpin Redaksi IDN Times Uni Lubis sebagai pemateri.

Reporter : Fuad Saleh Madhy

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Tersingkir di UCL, Barcelona Resmi Turun Kasta

Teropongonline, Medan-Barcelona dipastikan terdepak dari Liga Champions musim