Lawan Hoax Dengan Tiga Cara Berikut Ini

Lawan Hoax Dengan Tiga Cara Berikut Ini

- in Artikel, Dunia Sastra
325
0

Hoax adalah sebuah pesan/pemberitaan palsu yang mana usaha untuk memanipulasi atau mengakali pembaca/pendengarnya untuk mempercayai sesuatu yang tidak benar adanya. Sering kali orang menyebarkan berita Hoax dengan tujuan sebagai lelucon namun, tanpa disadari bagi sih penerima pesan menyebarluaskan berita tersebut tanpa memfilter terlebih dahulu kebenaran berita tersebut Sehingga menyebar keseluruh penjuru dunia yang akhirnya menjadi viral.

Hoax semakin merajalela diseluruh penjuru dunia khususnya di Indonesia yang mana masyarakatnya bisa dikatakan mayoritas awam (kurang berpendidikan). Apalagi, banyak kita lihat para pengguna media sosial di Indonesia rata-rata orang awam, baik itu facebook, twitter, instagram dll. Hal inilah yang membuat Hoax itu lumayan sulit untuk dicegah di Indonesia. Pemerintah sendiri berharap besar kepada kalangan mahasiswa terutama untuk menghadapi Hoax tersebut. Karna, tidak dipungkiri pengetahuan/wawasan  adalah salah satu cara dalam mencegah Hoax.

Empat alasan utama orang menyebarkan Hoax adalah faktor tidak tahu, faktor malas mencari tahu, sebagai lelucon. Empat hal tersebut mungkin sering kali dilakuakan tanpa berpikir panjang bagi orang-orang awam. Namun, bagi orang-orang besar atau orang-orang yang berkepentingan di dalam berita yang disebar sangatlah berpengaruh besar terhadap mereka.

Sebelum melawan Hoax kita juga harus mengenali terlebih dahulu bagaimana sebenarnya berita Hoax. Yang sangat dikenali biasanya berita Hoax itu bersifat memaksa, suatu hal yang kurang logis, atau suatu hal yang bersifat terlalu empati.

Dan satu hal yang memang harus diketahui akun peyebar Hoax itu memang ada dan memiliki mayoritas sendiri yang mana rata-rata dinaungi oleh seseorang yang berkepentingan dalam suatu hal khususnya rana politik.

Ada beberapa cara untuk mencegah Hoax:

  1. Harus lebih kritis pada setiap berita yang tersebar.
  2. Mencari tahu asal berita yang tersebar
  3. Harus rajin membaca sebagai filter

Itulah beberapa hal tetang Hoax yang perlu kita semua ketahui baik itu di rana awam ataupun berpendidikan semoga dengan membaca artikel ini kita bisa lebih kritis lagi dalam menanggapi sebuah pemberitaan yang ujungnya mengarah ke Hoax.

Reporter : Cipta Pradina Ningsih

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

9 Urutan Negara dengan Jumlah Penduduk Terbesar di Dunia

Teropongonline, Medan-Jumlah penduduk dunia saat ini (2021) diperkirakan mencapai