UMSU Jalin Kerjasama dengan Badan Bahasa

UMSU Jalin Kerjasama dengan Badan Bahasa

- in Kabar Kampus
358
0

Teropongonline,Medan– Penandatanganan Kerja Sama UMSU dengan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa serta Kuliah Umum yang mengusung tema Penginternasionalan Bahasa Indonesia dalam Upaya Peningkatan Fungsi Bahasa Indonesia. Acara ini berlangsung di Auditorium UMSU  Jalan Muchtar Basri No. 3 Medan. Jum’at, (05/10/2018).

Penandatangan kerja sama UMSU dengan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa ditandatangani  langsung oleh pihak Rektorat yang diwakili oleh Wakil Rektor I Dr. H. Arifin Gultom, S.H.,M.Hum dan Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Prof. Dr. Dadang Sunendar, M.Hum.

Acara Kuliah umum ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor I Dr. H.Arifin Gultom, S.H.,M.Hum yang mengatakan  adanya kerjasama ini  semoga akan  terjalin dengan baik antara pihak UMSU dengan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. UMSU juga sebernarnya bukan Universitas yang masih muda melainkan telah memasuki usia yang ke-61 tahun.

“Kita ingan menyampaikan bahwa UMSU sebagai amal usaha dari  perserikatan muhammadiyah yang berjumlah lebih kurang 173.   Menurut peringkat yang diberikan oleh  PP Muhammadiyah UMSU memasuki peringkat ketujuh . UMSU  bukanlah universitas yang masih muda melainkan telah  berdiri dengan cikal bakal pada tahun 1957  dengan dinamikanya  sudah berkembang  yang mengalami eksplorasi satu dekade,” kata Wakil Rektor I.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Prof. Dr. Dadang Sunendar, M.Hum.mengatakan Badan Bahasa di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud) merupakan satu  diantara delapan unit utama yang ada di Kementerian Pendidikan. Rumahnya bukan di Kemenristekdikti akan tetapi di kemendikbud.

“Sampai empat  tahun yang lalu kita masih satu rumah sama kementrian pendidikan dan kebudayaan tapi sekarang sudah ada kemenristekdikti. Jadi sekarang diambil oleh   Kemenristekdikti tapi hanya  bagian diktinya saja, sedangkan dari PAUD ,SD, bahkan sampai  SMA itu dibagian Kemendikbud,” kata Dadang Sunendar

Ia juga menambahkan khusus untuk mahasiswa yang berada di Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia wajib mengetahui tentang badan bahasa. Tetap ingat

slogan Badan  bahasa dan politik nasional bahasa kita di tanah air republik indonesia ini

yaitu;Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, Kuasai  Bahasa Asing. “ Suatu kebanggaan bagi kami apabila suatu hari nanti ada mahasiswa UMSU yang berkunjung ke Badan Bahasa yang ada di Sumatera Utara sebelum ke Jakarta dan terus mengingat slogan tersebut,” tambahnya.

Reporter : Suci Ayu Lestari

About the author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

9 Urutan Negara dengan Jumlah Penduduk Terbesar di Dunia

Teropongonline, Medan-Jumlah penduduk dunia saat ini (2021) diperkirakan mencapai