Museum Negeri SUMUT Gelar Pameran Nasional Alat Musik Tradisional Nusantara

Museum Negeri SUMUT Gelar Pameran Nasional Alat Musik Tradisional Nusantara

- in kabar medan
442
0

Teropongonline, Medan –  Pembukaan  Pameran Nasional Alat Musik Tradisional Nusantara 2018 mengusung tema Harmoni Nada & Gita Nusantara. Acara ini diadakan di Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara (SUMUT) Jalan H.M Joni No. 51 Medan. Selasa (25/09/18).

Kegiatan Pameran Nasional Alat Musik Tradisional Nusantara 2018 dilaksakanan di Ruang temporer Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara serta Ruang Pameran tetap lantai 2 disisi timur yang diadakan pada (25/09-25/10/18) selama sebulan kedepan. Turut hadir dalam acara tersebut Staff Ahli Bidang Hukum Politik dan Pemerintahan, Pangdam Bukit Barisan, Kepala Museum Se Indonesia, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara, Para awak Media, Mahasiswa serta para Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Pameran Nasional Alat Musik Tradisonal Nusantara merupakan kegiatan rutin Museum-museum di seluruh Indonesia yang dilaksanakan bergantian setiap tahunnya. Kegiatan tersebut terselenggara atas kerjasama Museum Negri Provinsi Sumatera Utara dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman 31 Museum di Indonesia.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara Dr.Ir. Hj. Wihidayati M.Si mengatakan dalam kata sambutannya kegiatan Pameran Nasional tersebut dilakukan untuk memperkenalkan budaya kearifan lokal.

“Acara ini bertujuan untuk menjembatani penyampaian informasi kepada masyarakat mengenai alat musik tradisional di seluruh Indonesia. Tujuannya untuk meningkatkan pengenalan dan pemahaman terhadap kearifan lokal,” kata Wihidayati.

Ia juga menjelaskan rangkaian kegiatan dari Pameran Nasional Alat Musik Tradisional Nusantara yang diadakan selama sebulan mendatang. “Rangkai kegiatan dari Pameran adalah Seminar, Alunan Musik Tradisional Nusantara, Pelantikan pengurus Asosiasi Museum Daerah Provoinsi  Sumatera Utara serta pada tanggal 26-28 September mendatang akan diadakan  belajar bersama Museum yang diikuti 150 siswa  SMP sekota medan,” jelas sekaligus tutupnya

Senada dengan Dr.Ir. Hj. Wihidayati M.Si, Kepala Museum Nasional Drs. Siswanto M.A mengatakan melalui Pameran Nasional tersebut, diharapkan memberikan dampak positif terhadap pengembangan pendidikan dan kebudayaan serta dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sumatera Utara.

Staff Ahli Bidang Hukum Politik dan Pemerintahan Sumatera Utara Noval Mahyar S.H mewakili Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi memaparkan  kata sambutan sekaligus membuka acara Pameran Nasional Alat Musik Tradisional Nusantara berharap melalui Pameran Nasional tersebut dapat mensosialisasikan alat musik tradisonal.

“Pameran Alat Musik Tradisional dari 31 Museum di Indonesia, ini diharapkan dapat mensosialisaikan alat musik tradisonal kepada masyarakat Sumatera Utara hingga dapat meningkatkan apesiasi masyarakat terhadap kearifan lokal,”paparnya

Reporter : Yurika Febrianti

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

5 Website Kursus Online Gratis Bersertifikat

Teropongonline, Medan-Kursus online semakin menjadi andalan untuk meningkatkan keahlian dan