Perpustakaan UMSU Sosialisasi Alat Cek Plagiasi

Perpustakaan UMSU Sosialisasi Alat Cek Plagiasi

- in Kabar Kampus, Uncategorized
525
0

Teropongonline, MedanPerpustakaan UMSU tampilkan spanduk informasi berisi langkah cek plagiasi. Bertujuan untuk mensosialisasikan alat pengecekan plagiasi skripsi dan tugas mahasiswa. Pengecekan dapat dilakukan langsung di Perpustakaan UMSU Jl. Kapt Mukhtar Basri No. Medan. Kamis, (13/09/18).

Dalam upaya meningkatkan akreditasi, perpustakaan UMSU semakin gencar melakukan pembaharuan. Baik dari segi pelayanan, sistem, fasilitas dan lainnya. Ditambah perkembangan teknologi saat ini cukup banyak membawa kemudahan untuk mendapatkan informasi. Tidak hanya berdampak positif saja, negatifnya mahasiswa juga dengan mudah mencari data dan tak jarang sebagian mahasiswa melakukan tindakan plagiat dalam menyelesaikan tugas-tugasnya.
Kini, perpustakaan UMSU menambahkan layanan cek plagiasi. Plt. Ka. Perpustakaan UMSU Muhammad Arifin, S.Pd M.Pd memaparkan tujuan dari adanya alat tersebut agar pihak kampus mengetahui keaslian skripsi atau tugas yang dikerjakan oleh mahasiswa. “Terutama bagi mahasiswa yang melakukan penelitian di perpustakaan UMSU wajib melakukan pengecekan keaslian skripsi atau tugas mereka. Sejauh alat ini hadir di perpustakaan UMSU, sudah ada beberapa mahasiswa yang melakukan penelitian di sini dan mencoba alat ini,” paparnya.

Beberapa Universitas di Indonesia sudah menggunakan alat cek plagiasi dan kali ini UMSU telah menyediakannya. Namun belum ada kebijakan dan tindakan dari pihak universitas jika, ketahuan dari mahasiswa yang berhasil menjiplak karya orang lain. “Pihak perpustakaan hanya mengecek, memberitahukan saja, dan kami tidak memberikan tindakan,” ujarnya.
Ia juga berharap kedepannya mahasiswa lebih berhati–hati agar tidak sembarangan menjiplak hasil karya orang lain. Dan jika ketahuan, memungkinkan para plagiator dapat mengulang kembali tulisan yang ia buat.

Reporter: Mayang

Editor: Supia Ulfa

About the author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

5 Website Kursus Online Gratis Bersertifikat

Teropongonline, Medan-Kursus online semakin menjadi andalan untuk meningkatkan keahlian dan