Berbagai Manfaat Berwudhu Dalam Islam

Berbagai Manfaat Berwudhu Dalam Islam

- in Artikel, Dunia Sastra
245
0

Teropongonline, Medan – Berwudhu berarti mensucikan diri dari kotoran atau hal lain yang menajiskan. Wudhu wajib dilakukan oleh seseorang sebelum melaksanakan sholat wajib dan sunnah. Selain dari itu, mengerjakan wudhu juga disarankan di sela-sela aktivitas. Ketika hendak berpergian, tidur dan sebagainya. Apabila Anda dapat menjaga kesucian maka insyaAllah akan dilindungi oleh Allah Ta’ala.

Dalam Al-Quran dan hadist dijelaskan:

Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan sholat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuhlah) kakimu sampai dengan kedua mata kaki.” (QS. Al Maidah: 6)

Diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Tidak diterima sholat salah seorang dari kalian apabila ia berhadas, hingga ia berwudhu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya aku diperintahkan untuk berwudhu apabila hendak mengerjakan sholat.” (HR. At Tirmidzi, Abu Dawud, An Nasa’i)

Sejatinya berwudhu memiliki banyak keutamaan bagi kehidupan. Disamping membersihkan kotoran, inilah beberapa manfaat wudhu dalam islam:

  • Menghapus Kejelekan

Manfaat berwudhu yang pertama yakni dapat menghapus kejelekan. Dalam hadist dijelaskan:

Apabila seorang dari kalian berwudhu’, lalu ia menyempurnakan wudhu’nya, kemudian ia pergi ke masjid karena semata-mata hanya untuk melakukan shalat, maka tidaklah ia melangkahkan kaki kirinya melainkan terhapus kejelekan darinya dan dituliskan kebaikan bersama langkah kaki kanannya hingga masuk masjid.”(HR. At-Thabrani).

  • Meneledani Sunnah Rasul

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam adalah pribadi yang gemar berwudhu. Beliau tidak hanya berwudhu saat sholat saja, namun juga disela-sela aktivitasnya. Termasuk saat hendak berdzikir. Dalam hadist dijelaskan:

Dari Ibnu Umar, dijelaskan bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya aku tidak menyukai berdzikir kepada Allah kecuali dalam keadaan suci.” (HR. Abu Daud dan An Nasa’i).

  • Mengangkat Derajat

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Maukah kalian aku tunjukkan suatu amalan yang dengannya Allah akan menghapus dosa-dosa dan mengangkat derajatnya! Para shahabat berkata: “Tentu, wahai Rasulullah. Kemudian Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Menyempurnakan wudhu’ walaupun dalam kondisi sulit, memperbanyak jalan ke masjid, dan menunggu shalat setelah shalat, maka itulah yang disebut dengan ar ribath.” (HR. Muslim).

  • Didoakan Malaikat

Wudhu yang dilakukan sebelum tidur juga memiliki manfaat luar biasa. Wudhu termasuk amalan sebelum tidur menurut RasulullahKeutamaan wudhu sebelum tidur malam maka ia akan dijaga dan didoakan oleh Malaikat agar dosanya diampuni. Sebagaimana dijelaskan dalam hadist shahih:

Dari Ibnu Umar r.a bahwasahnya Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa tidur dimalam hari dalam keadaan suci (berwudhu’) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap ‘Ya Allah ampunilah hamba mu si fulan, kerana ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci’”. (HR Ibnu Hibban).

  • Dicintai Oleh Allah Ta’ala

Siapa sih yang tidak ingin dicintai oleh Allah Ta’ala, Sang Rabb Semesta Alam? Apabila Allah Ta’ala mencintai seorang hamba, maka Dia akan memerintahkan malaikat dan semua penduduk langit untuk mencintainya. Sungguh indah, bukan?

Nah, salah satu cara untuk mendapatkan cinta Allah adalah dengan memperbanyak wudhu. Sebagaimana dijelaskan dalam hadist shahih: “Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.” (QS. Al-Baqarah: 222).

  • Menghapus Dosa

Dalam hadist dijelaskan: “Apabila seorang muslim atau mukmin berwudhu’ kemudian mencuci wajahnya, maka akan keluar dari wajahnya tersebut setiap dosa pandangan yang dilakukan kedua matanya bersama air wudhu’ atau bersama akhir tetesan air wudhu’. Apabila ia mencuci kedua tangannya, maka akan keluar setiap dosa yang dilakukan kedua tangannya tersebut bersama air wudhu’ atau bersama akhir tetesan air wudhu’. Apabila ia mencuci kedua kaki, maka akan keluar setiap dosa yang disebabkan langkah kedua kakinya bersama air wudhu’ atau bersama tetesan akhir air wudhu’, hingga ia selesai dari wudhu’nya dalam keadaan suci dan bersih dari dosa-dosa.” (HR Muslim).

  • Mendapatkan Kebaikan Dunia dan Akhirat

Diriwayatkan oleh Mu’adz bin Jabal bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidaklah seorang muslim tidur di malam hari dalam keadaan dengan berdzikir dan bersuci, kemudian ketika telah terbangun dari tidurnya lalu meminta kepada Allah kebaikan dunia dan akhirat, melainkan pasti Allah akan mengabulkannya.”

Sumber : Dalamislam.com

Oleh : Novia Alfiani Napitupulu

About the author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Sudut Pandang Mahasiswa Terhadap Privilege dari Good Looking

Teropongonline, Medan – Berpenampilan menarik saat ini kerap