OIC Hadirkan Sekolah Alam pertama di Leuser

OIC Hadirkan Sekolah Alam pertama di Leuser

- in kabar medan, Ragam
631
0

TeropongOnline.com, Medan – Orangutan Informasi Center  (OIC) resmikan sekolah bernuansa  alam pertama di Sumatera yang  dibangun di Desa Bukit Mas Besitang  Kabupaten Langkat Senin, (6/8/18).

Sekolah Alam Leuser (SAL)  ini  setingkat sekolah menengah pertama dengan konsep lingkungan sekolah formal yang didedikasikan untuk masyarakat lokal di Bukit Mas, salah satu desa yang berdekatan dengan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL).

Panut Siswoyo Direktur OIC sekaligus pembina SAL memaparkan bahwa OIC berkomitmen untuk membina masyarakat setempat agar dapat mensejahterakan desanya  melalui  SAL .“ Kita berusahan untuk mencoba menanamkan kepada generasi muda untuk mencinntai Leuser  sebagai tempat yang memberikan kita kehidupan  disni”.

 “Sekolah Alam Leuser  merupakan sekolah swasta yang  menggunakan Kurikulum 13 siswanya tidak dipungut biaya apapun dari pendaftaran, buku, bahkan seragan sudah kita berikan dan akan diberikan lagi, paparnya”.

Dinamakan dengan Sekolah Alam Leuser, karena  sekolah ini menjadi sekolah satu-satunya yang dibangun menggunakan bambu lokal. “Kita akan  menyiapkan suatu bangunan  yang bernuansa bambu dan kita juga mempersiapkan fasilitas yang gratis bagi  masyarakat sekitar. Bukit Mas yang masyarakatnya hidup di zona penyanggah  sebenarnya merekalah yang berinteraksi langsung dengan TNGL”.

“Sehingga kita berikan mereka berbegai macam fasilitas dari mlai sarana olahraga sarana pembelajaran dialam , gedung sekolah yang alami  dan juga metode sekolah yg tidak sama dengan sekolah pada umumnya  di Sumut karena memang menggunakan alam disekitar sini sebagai ruang kelas belajar.

Untuk tenaga pengajar OIC memberdayakan masyarakat setempat sebagai guru di Sekolah Alam Leuser ini juga menyiapkan 100 hektar lahan untuk pembangunan sekolah dan laboratorium alamnya. “Tenaga pengajar kita dari desa Bukit Mas  ada 8 tenaga penagajar yang semuanya lulusan Strata 1,  SDM  lokal yang kita optimalkan kemampuannya untuk bisa berkontribusi  disini, paparnya”.

Reporter: Mutia

About the author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Syarat Menjadi Wirausaha yang Sukses

Teropongonline, Medan-Steve Jobs, Walt Disney, Benyamin Franklin, Hans