7 Tahap Menyiksa yang akan dirasakan tubuh saat meninggal tenggelam

7 Tahap Menyiksa yang akan dirasakan tubuh saat meninggal tenggelam

- in Artikel, Dunia Sastra
366
0

Teropongonline, Medan – Tubuh manusia mempunyai fungsi bermacam-macam dan mempunyai kemampuan untuk bertahan dalam kondisi ekstrem, namun apa yang terjadi pada tubuh ketika tenggelam? Menurut Wikipedia Tenggelam adalah kematian yang disebabkan kekurangan napas, ketika cairan menghalangi kemampuan tubuh untuk menyerap oksigen dari udara hingga menyebabkan asfiksia.

Di dalam film sering kali digambarkan seseorang yang tenggelam akan berusaha untuk membuat riak air, padahal kenyataannya ketika tenggelam tubuh akan lemas dan kehabisan oksigen.

Menurut WHO (World Health Organization) tenggelam merupakan kematian tidak disengaja terbesar didunia. Mengapa? Indonesia Sebagai Negara kepulauan yang daerahnya perairan, membuat risiko kematian tenggelam semakin tinggi, beberapa tahun belakangan Negara yang kita cintai ini, beberapa kali mengalami gelombang tinggi yang berakhir dengan Tsunami.

Dilansir dari IDN Times, berikut tahap menyiksa yang terjadi pada tubuh ketika tenggelam hingga meninggal.

  • Kaget

Ketika kamu masuk kedalam air tanpa pertanda, otomatis otak segera merespon dan muncul rasa takut dan panik. Secara reflex kamu akan berusaha mencari posisi vertical dengan kepala mendongak, tagan mu pun akan bergerak secara acak untuk mencapai permukaan

  • Menahan Napas

Di tahap ini ketika kamu tenggelam, dan belum terselamatkan, air akan masuk kedalam mulut dan menyebabkan epiglottis sebagai bentuk proteksi, disisi lain ini akan membuat mu susah bernapas dan kamu perlahan-lahan akan hilang kesadaran.

  • Hilang Kesadaran

Ketika mecapai tahap ini, tubuhmu tidak akan bergerak dan pernapasan mu berhenti, dan tubuhmu akan tenggelam ke dasar perairan.

  • Kejang

Ketika tubuh mu sudah hilang kesadaran, dan semakin sedikit oksigen yang mengalir ke otak, kamu akan mengalami konvulsi alias kejang-kejang. lambat laun kulit mu akan berubah warna menjadi biru, terutama dibagian bibir dan ujung kuku dan tubuhmu akan menjadi kaku.

  • Meninggal

Nah inilah puncak dari tahapan ketika tubuh mu tenggelam dan tidak terselamatkan. Oksigen tidak lagi tersuplai ketubuhmu, semua tubuhmu akan lumpuh dan proses tubuh tidak lagi berfungsi.

Mati Tenggelam kerap dianggap sebagai kematian yang menyiksa, karena itu kamu harus bekali diri dengan kemampuan berenang dan menjaga kebugaran tubuh, tetap jaga keselamatan.

Oleh : Nofia Rizki Sitorus

About the author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

“Hati-Hati di Jalan” Warnai Playlist Warganet Saat Ini

Teropongonline, Medan- Penyanyi tanah air Indonesia, Tulus kembali