Tips dan Trik Menulis di Media Online

Tips dan Trik Menulis di Media Online

- in Artikel, Dunia Sastra
289
0

Teropongonline, Medan – Menulis adalah salah satu kegiatan untuk menciptakan suatu catatan atau informasi pada suatu media dengan menggunakan aksara. Tulisan aksara terssebut muncul sekitar 5000 tahun yang lalu.

Seiring berkembangnya zaman banyak orang yang menjadikan sebuah tulisan sebagai ajang untuk berbagi informasi atau sekedar menceritakan pengalaman pribadi agar diketahui oleh orang banyak.

Media online adalah salah satu tempat menulis yang sangat digemari saat ini, yang hanya bisa diakses melalui internet, bahkan saat ini Indonesia urutan ke 6  dunia dalam penggunaan internet.  Tujuan seseorang menulis di media online salah satunya ketika tulisan tersebut diunggah semua orang dengan cepat dapat mengaksesnya.

Namun untuk membuat sebuah tulisan tersebut dilirik dan  diakses oleh pengguna internet, tentunya harus menarik dan tidak membosankan, di bawah ini terdapat beberapa tips dan trik menulis di media online yang diberikan oleh Paul Bradshaw

  1. BREVITY(SINGKAT)

Menulis di media online memang harus singkat, selain karena pembaca tidak suka tulisan panjang dan harus membaca sampai selesai, juga terkait dengan daya tahan mata manusia yang terbatas ketika menatap layar, dan usahakan sebuah tulisan tidak lebih dari 800 kata.

  1. ADAPTABILITY(KEMAMPUAN ADAPTASI)

Penulis dimedia online juga harus menyesuaikan diri dengan apa yang menjadi kebutuhan pembaca, sehingga pembaca dapat memanfaatkan informasi  yang ditulis.

  1. SCANNABILITY( KEMAMPUAN UNTUK DIPINDAI)

Selain Adaptability, Scannability juga harus diperhatikan contohnya headline tidak bermakna ganda atau ambigu, to the point hindari tulisan yang berbelit-belit, menambahkan sub headings, sub headings membantu pembaca dalam memindai tulisan, menambahkan bullets list yang dapat membantu pembaca dalam memahami teks, black qoutes menambahkan  kutipan kutipan yang bermakna agar pembaca lebih nyaman, highlight, kata-kata penting ditandai dengan ditebalkan,dimiringkan,atau boleh diberi warna, memaksimalkan  penggunaan SEO (search engine Optimization) agar memudakan pembaca memindainya.

  1. INTERACTIVY (INTERAKTIF)

Dengan berinteraksi dengan pembaca, provider dan users juga akan lebih dekat dan akan memugkin juga saling bertukar pikiran.

  1. COMMUNITY AND CONSERVATION

Berkomunikasi dan membuat sebuah  komunitas juga dapat dibentuk melalui media online, mempunyai pandangan yang sama,atau saling bertukar pikiran merupakan suatu hal yang dapat dilakukan.

Diatas merupakan beberapa tips dan trik menulis di media online , pramoedya ananta toer dalam qoutesnya “orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah” maka dari itu budayakan lah menulis hal hal yang dapat bermanfaat bagi setiap orang, dan yang paling penting tidak mengandung sara. Semoga tips dan trik diatas bermanfaat.

Selamat menari dengan kata-kata

Oleh : Nofia Rizki Sitorus

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

5 Website Kursus Online Gratis Bersertifikat

Teropongonline, Medan-Kursus online semakin menjadi andalan untuk meningkatkan keahlian dan