Sesuai Anjuran Rasulallah, Ini Manfaat Tidur Miring Ke Kanan

Sesuai Anjuran Rasulallah, Ini Manfaat Tidur Miring Ke Kanan

- in Artikel, Dunia Sastra
319
0

Teropongonline, Medan – Sebagian dari kita pasti tidak peduli dengan posisi tidur yang kita lakoni, yang terpenting posisi nyaman dan kita pun terlelap tanpa tahu bahwa posisi tidur kita selama ini sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh kita.

Dari hadist Barra bin ‘Azib ra : Rasulullah SAW bersabda yang artinya: “Jika kalian hendak tidur di pembaringan, berwudhulah seperti wudhu untuk shalat. Kemudian berbaringlah kamu dengan berbaring di lambung kananmu.” (HR. Al-Bukhari).

Dari hadist tersebut Rasulullah SAW menganjurkan agar miring ke kanan ketika tidur. Tentu bukan sembarangan Nabi kita menganjurkan hal tersebut, bukan hanya kesehatan yang akan kita dapat ketika mengikuti sunnah yang telah Nabi anjurkan, kita pun akan mendapatkan pahala dari apa yang telah kita tuai.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut manfaat ketika tidur dengan posisi miring ke kanan

  • Mengistirahatkan otak sebelah kiri

Otak manusia terdiri menjadi dua bagian kanan dan kiri, umumnya ketika beraktivitas kita akan lebih banyak menggunakan organ tubuh bagian kanan seperti untuk memegang dan lainnya. Dengan posisi tidru miring ke kanan, maka otak bagian kiri yang mempersarafi segala aktifitas organ tubuh bagian kanan akan terhindar dari bahaya yang timbul akibat sirkulasi yang melambat saat tidur/diam.

  • Mengurangi beban jantung

Tidur miring ke kanan membuat jantung tidak tertimpa organ lainnya. Cairan tubuh (darah) terdistribusi merata dan terkonsentrasi di sebelah kanan (bawah). Hal ini akan menyebabkan beban aliran darah yang masuk dan keluar jantung lebih rendah. Dampak posisi ini adalah denyut jantung menjadi lebih lambat, tekanan darah juga akan menurun. Kondisi ini akan membantu kualitas tidur.

  • Mengistirahatkan lambung

Lambung adalah organ berbentuk kantong menyerupai huruf J yang terletak di bagian atas perut. Jika tidur kesebelah kiri ma maka proses pengeluaran chime ( makanan yang telah dicerna oleh lambung dan bercampur asam lambung ) akan sedikit terganggu, hal ini akan memperlambat proses pengosongan lambung.

  • Meningkatkan waktu penyerapan zat gizi

Dengan posisi sebelah kanan, perjalanan makanan  yang telah tercerna dan siap di serap akan menjadi lebih lama, hal ini disebabkan posisi usus halus hingga usus besar ada dibawah. Waktu yang lamam selamat tidur memungkinkan penyerapan bias optimal.

  • Menjaga kesehatan paru-paru

Jika tidur miring ke sebelah kanan, jantung akan condong ke sebelah kanan. Hal ini tidak menjadi masalah karena paru-paru kanan lebih besar. Lain halnya jika bertumpu pada sebelah kiri, jantung akan menekan paru-paru kiri yang berukuran kecil, tentu ini sangat tidak baik.

Itulah beberapa manfaat tidur miring ke kanan, jadi sobat pongpong jangan tidur dengan posisi sembarangan lagi  ya , tidur lah dengan posisi miring ke kanan dan jangan lupa berdoa sebelum tidur ya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Syarat Menjadi Wirausaha yang Sukses

Teropongonline, Medan-Steve Jobs, Walt Disney, Benyamin Franklin, Hans