Nikmati Makanan Khas ini saat berkunjung ke Sumatera Utara

Nikmati Makanan Khas ini saat berkunjung ke Sumatera Utara

- in Artikel, Dunia Sastra
549
0

Teropongonline, Medan – Setiap kota atau suatu daerah , tentu lah mempunyai sesuatu yang khas, yang dapat menjadi penunjang kekaguman para wisatawan lokal maupun luar untuk berkunjung, Indonesia dengan segala macam keindahan pantai, suku yang beragam, budaya yang bermacam-macam dan makanan yang khas dari setiap titik sudut di Indonesia, tak terkecuali Sumatera Utara.

Provinsi yang terletak dibagian sumatera ini , tidak hanya terkenal dengan keindahan Danau Toba, berbagai panganan khas juga bisa kamu nikmati di Provinsi yang beribu kota Medan ini.

Dikutip dari Kaskus, inilah beberapa macam makanan khas dari Sumatera Utara

  • Arsik

Arsik adalah salah satu masakan khas kawasan Tapanuli yang populer. Masakan ini dikenal pula sebagai ikan mas bumbu kuning. Ikan mas adalah bahan utama, yang dalam penyiapannya tidak dibuang sisiknya. Bumbu arsik sangat khas, mengandung beberapa komponen yang khas dari wilayah pegunungan Sumatera Utara, seperti andaliman dan asam cikala (buah kecombrang), selain bumbu khas Nusantara yang umum, seperti lengkuas dan serai. Bumbu-bumbu yang dihaluskan dilumuri pada tubuh ikan beberapa saat. Ikan kemudian dimasak dengan sedikit minyak dan api kecil hingga agak mengering.

  • Lappet atau Lepat

Lappet adalah kue tradisional Batak. Tak jelas sejak kapan penganan ini mulai “membudaya”. Namun pada acara seremonial adat Batak tertentu, biasanya lappet tetap menjadi hidangan sela dibarengi kopi atau teh. Lappet terbuat dari : tepung beras, kelapa, gula merah (aren). Namun untuk lappet performanya tak jauh beda dengan lepat pisang. Lapet biasanya dibentuk menyerupai limas dan dibungkus daun pisang. Siborongborong, adalah salah satu kota yang memproduksi lappet dengan rasa yang sangat khas.

  • Sayur Daun Ubi Tumbuk

Di Sumatera Utara, daun ubi atau yang biasa dikenal sayur singkong ini dimasak dengan santan, bedanya kalau di sumatera utara daunnya ditumbuk tetapi tidak terlalu halus, juga ada campuran rempah-rempah yang menambah kenikmatan dari sayur ini.

  • Bika Ambon

Bika ambon adalah sejenis penganan asal Indonesia. Terbuat dari bahan-bahan seperti telur, gula, dan santan, bika ambon umumnya dijual dengan rasa pandan, meskipun kini juga tersedia rasa-rasa lainnya seperti durian, keju, dan cokelat. Asal-muasal bika ambon tidak diketahui dengan jelas. Walaupun namanya mengandung kata “ambon”, bika ambon justru dikenal sebagai oleh-oleh khas Kota Medan, Sumatera Utara. Di Medan, Jalan Mojopahit di daerah Medan Petisah merupakan kawasan penjualan bika ambon yang paling terkenal.

  • Sambal Tuk-tuk

Banyak kuliner sambal di Indonesia, tetapi sambal dari daerah Tapanuli wajib kamu coba ketika berkunjung ke Sumatera Utara, dari segi nama sambal, mungkin terasa aneh , tetapi dari segi rasa sangatlah nikmat. Jika kamu pencinta pedas-pedas gurih kamu wajib coba.

Selamat menikmati!!!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

5 Website Kursus Online Gratis Bersertifikat

Teropongonline, Medan-Kursus online semakin menjadi andalan untuk meningkatkan keahlian dan