Dikenal Pahit, Ini Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan

Dikenal Pahit, Ini Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan

- in Artikel, Dunia Sastra
1314
0

Teropongonline, Medan – Buah Pepaya adalah salah satu buah yang familiar bagi masyarakat Indonesia. Rasanya yang manis dan enak baik dikonsumsi langsung maupun diolah. Berasal dari daratan Amerika Selatan dan Meksiko , buah papaya kaya akan antioksidan, vitamin,mineral dan enzim yang berkhasiat melancarkan buang air besar.

Selain buah nya, daunnya yang menyerupai ruas ruas tangan juga bagus untuk kesehatan manusia, dikutip dari Liputan6 yuk simak selengkapnya manfaat daun yang terkenal pahit tersebut

  • Meredakan kram menstruasi

Daun papaya berguna untuk meredakan kram saat kita menstruasi, dengan merebus satu lembar daun papaya bersama garam dan asam jawa, dimimum hangat akan membantu meredakan nyeri saat menstruasi.

  • Menambah kelancaran ASI pada ibu menyusu

Ibu yang sedang menyusui pasti menginginkan kelancaran ASI nya, cara nya ibu harus olah daun papaya menjadi makanan rumahan, dan tentunya diolah dengan benar agar rasa pahit tidak terlalu terasa

  • Untuk penyakit demam berdarah

Zat aktif daun pepaya memiliki kandungan antimalaria dan demam berdarah. Cara mengambil manfaat daun pepaya adalah dengan meminum air rebusannya. Rebus lebih kurang 5 lembar daun pepaya hingga masak lalu dinginkan sebelum diminum. 

  • Perbaiki saluran pencernaan

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk memperbaiki saluran pencernaan. Mengonsumsi daun pepaya juga dapat melancarkan pencernaan. Hal ini dapat terjadi karena adanya zat karpin dalam daun pepaya. Daun karpain sendiri dapat membasmi mikroorganime jahat yang mengganggu pencernaan.

  • Mencegah risiko kanker

Mencegah rsisiko kanker juga merupakan salahs atu manfaat daun pepaya untuk kesehatan. Hal ini karena daun pepaya memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Nah, kandungan antioksidannya itu bagus untuk menangkal radikal bebas, sehingga turunkan risiko kanker

  •  Mengobati jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah yang disebabkan oleh hormon. Jika kamu sudah mengobati jerawat, tapi tak kunjung sembuh, cobalah obati dengan daun pepaya. Cara mengambil manfaat daun pepaya untuk kesehatan yakni, buatlah masker dengan cara mencampur daun pepaya dan air di dalam blender hingga membentuk pasta. Oleskan ke jerawat dan biarkan selama 15 menit.

  • Menyehatkan rambut

Seringkali pepaya digunakan dalam produk kecantikan. Tak hanya pepaya, daunnya pun bisa diseduh seperti teh dan digunakan sebagai campuran pada sampo. Hal ini berguna untuk membuat rambut berkilau dan kuat.

About the author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

PK IMM FEB UMSU Laksanakan DAD

Teropongonline, Medan-Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM)