Ini Solusi Bagi Introvert Saat Menghadapi Kerja

Ini Solusi Bagi Introvert Saat Menghadapi Kerja

- in Artikel, Dunia Sastra
299
0

Teropongonline.com- Introvert merupakan orang yang cenderung memiliki kepribadian tertutup, pemalu, dan penyendiri. Hal inilah yang bisa membuat orang introvert merasa sangat tertekan saat akan menghadapi wawancara kerja, dan mungkin akan merasa takut saat sesi interview. Orang yang introvert biasanya cenderung menutup diri dan butuh waktu untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Mereka juga sulit sekali beradaptasi dan berhadapan dengan orang-orang baru. Oleh karena itu, bagi orang introvert sangatlah penting melakukan persiapan khusus sebelum menghadapi wawancara kerja.

Bagi kamu yang merasa introvert, jangan khawatir saat mendapat panggilan untuk interview di perusahaan yang kamu lamar. Berikut ini solusi yang bisa kamu lakukan agar kamu lebih siap lagi dalam menghadapi wawancara kerja. Dikutip dari IDN Times. Selamat mencoba!

  • Kumpulkan informasi terlebih dahulu

Sebelum kamu menghadapi wawancara kerja, kamu harus mencari tahu dan mengumpulkan informasi tentang pekerjaan dan perusahaan yang akan mewawancarai kamu. Semakin banyak informasi yang kamu miliki dapat menambah rasa percaya diri kamu, karena dengan informasi yang kamu miliki, kamu merasa lebih siap dan tidak merasa panik jika hal-hal
tersebut ditanyakan pada saat sesi interview.

  • Sering seringlah berlatih

Kamu harus sering melakukan latihan tentang pertanyaan-pertanyaan yang mungkin akan diajukan saat wawancara kerja nanti, agar kamu lebih fasih dan lancar ketika menjawab pertanyaan dari pewawancara. Kamu bisa berlatih bersama teman atau berlatih didepan cermin, lakukanlah seolah kamu sedang menghadapi wawancara kerja sungguhan.

  • Kontrol gerak-gerik tubuh kamu

Bagi kamu yang introvert terkadang akan mudah sekali panik dan merasa gugup ketika berhadapan dengan orang baru. Saat kamu merasa panik, secara tidak sadar kamu melakukan gerak tubuh yang tidak seharusnya dilakukan, seperti menggaruk-garuk kepala atau menggigit jari. Hal itu akan meninggalkan kesan yang kurang baik dan juga menunjukkan kepadanya kalau kamu tidak percaya diri.

  • Berusahalah untuk tidak menjadi sempurna

Kita semua tahu bahwa di dunia ini tidak ada yang sempurna. Bersikaplah secara wajar danberikan yang terbaik yang bisa kamu lakukan, jika kamu berusaha untuk tampil sempurna saat interview, itu akan membuat kamu semakin tertekan dan merasa terbebani. Bersikaplah santai dan tenang agar kamu bisa lebih mengontrol diri kamu.

  • Selalu berpikir positif

Penting untuk selalu berpikir positif saat menghadapi wawancara kerja agar kamu merasa lebih optimis dan yakin bahwa kamu merupakan orang yang tepat dan terpilih yang diundang untuk mengikuti proses wawancara. Kamu juga harus berpikir, bahwa kamu memiliki kesempatan yang sama dengan orang lain. Hal ini dilakukan agar kamu bisa lebih fokus padakemampuan yang kamu miliki bukan pada kekurangan yang ada dalam menghadapi wawancara kerja.

  • Pakailah pakaian yang nyaman dan sesuai

Pakaian yang kamu kenakan saat wawancara juga mempengaruhi kepercayaan diri kamu. Pakailah pakaian yang sesuai yang membuat kamu merasa nyaman dan percaya diri. Jangan memaksakan diri untuk tampil sempurna dan memakai pakaian yang belebihan, karena akan merepotkan dan menyusahkan kamu nanti. Selain itu juga dapat menurunkan kepercayaan diri kamu. Gunakanlah pakaian yang simpel, tapi tetap berkesan profesional.

  • Tibalah lebih awal

Saat wawancara kerja sangatlah penting untuk datang tepat waktu. Agar kamu tidak terlambat dan kamu bisa lebih beradaptasi lagi dengan suasana saat wawancara, sebaiknya kamu tiba lebih awal. Dengan begitu, kamu dapat lebih menenangkan diri dan mempersiapkan diri kamu terlebih dulu. Hal ini sangat berguna untuk mengurangi rasa cemas dan gugup saat menghadapi wawancara nanti.

Oleh : Novia Alfiani Napitupulu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

5 Website Kursus Online Gratis Bersertifikat

Teropongonline, Medan-Kursus online semakin menjadi andalan untuk meningkatkan keahlian dan