Makan Kangkung Dapat Menyebabkan Kantuk?

Makan Kangkung Dapat Menyebabkan Kantuk?

- in Artikel, Lifestyle, Opini, Ragam
575
0

Assalamualaikum sahabat pong pong.. Pernah dengar tidak jika sehabis mengkonsumsi sayur kangkung, katanya langsung dapat mengantuk? Yuk kita bahas disini..

Sahabat pong pong, kangkung merupakan salah satu tumbuhan yang termasuk dalam jenis sayur-sayuran yang ditanam oleh petani. Kemudian di olah menjadi makanan yang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Harga nya yang murah serta terjangkau dan juga kangkung banyak dijual di pasar-pasar ataupun di minimarket serta supermarket sehingga mudah dikonsumsi dan dijumpai masyarakat luas sebagai salah satu pelengkap lauk untuk makan.

Kangkung juga sangat baik untuk kesehatan tubuh anda serta banyak khasiat yang terkandung didalamnya. Kangkung mengandung karbohidrat yang tinggi, selenium, zat besi, fosfor, vitamin A, B dan C. Kangkung sangat banyak digemari oleh orang-orang karena rasanya yang lezat dan tentu saja nikmat. Kangkung dapat diolah menjadi berbagai macam bentuk olahan makanan, seperti: tumis kangkung, cah kangkung, di oseng dan sebagainya.

Pada umumnya kangkung dikenal jika mengkonsumsinya maka anda akan mengantuk dan merasa lemas. Apakah benar seperti itu? Stigma (pola pikir) masyarakat Indonesia selalu mengarah kepada statement tersebut. Dengan begitu, sebagian orang menghindari kangkung untuk menjadi menu yang dikonsumsi sebagai menu makanan di siang hari karena dapat menghambat aktivitas serta kinerja tubuh.

Hal ini tentu dapat anda ambil dari kajian ilmu ilmiah berdasarkan penelitian-penelitian yang telah dilakukan sebagai bukti apakah benar seperti itu. Dengan begitu anda tahu informasi yang sesungguhnya.

Seperti ini nih kelanjutannya sahabat pong pong, penjelasan dari beberapa sumber :

Hal ini dapat anda lihat didalam buku Buka Fakta! 101 Mitos Kesehatan karangan Nutrifood Research Center, “Kangkung mengandung mineral kalium dalam jumlah banyak (175 mg dalam satu cup kangkung), dan makanan tinggi kalium dapat mengurangi tekanan darah. Efek itulah yang dirasakan sebagai kantuk bagi sebagian orang” kutipnya. Mungkin ini nih sahabat pong pong yang menjadi pedoman bagi sebagian orang bahwa mengkonsumsi kangkung dapat membuat kantuk.

Selain mengkonsumsi kangkung, penelitian yang dilakukan oleh bidang kronobiologi menyatakan bahwa “Secara alami manusia akan merasa mengantuk di siang hari, terutama setelah jam satu siang”.

Berdasarkan pernyataan-pernyatan yang telah dipaparkan diatas, rasa kantuk juga bisa berasal dari nasi yang menyertai menu makanan anda. Hal ini telah dinyatakan didalam ilmu gizi yang mebahas tentang kandungan gizi suatu makanan. “Nasi sangat tinggi akan indeks glikemik atau zat yang mampu menaikkan kadar gula darah. Sehingga tak heran ketika anda banyak makan nasi maka anda pun merasa ngantuk dengan mudahnya”.

Jadi nih sahabat pong pong, kangkung tidak bisa disalahkan sepenuhnya lo sebagai penyebab kantuk setelah anda mengkonsumsi kangkung tersebut. Itu semua juga tergantung kondisi serta situasi tubuh anda. Ada yang merasakannya dan ada yang tidak merasakannya. Perlu diperhatikan juga nih jumlah nasi yang anda konsumsi serta pada jam berapa anda memakannya. Banyak khasiat dan manfaat yang juga sangat diperlukan untuk tubuh kalian didalamnya bagitu juga dengan sayur-sayuran lainnya.

Jadi senantiasa mengkonsumsi kangkung serta sayur-sayuran lainnya yaa sahabat pong pong..

Semoga bermanfaat..

 

Tr: Fuad S Madhy

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

“Hati-Hati di Jalan” Warnai Playlist Warganet Saat Ini

Teropongonline, Medan- Penyanyi tanah air Indonesia, Tulus kembali