Asal Usul Ketupat Makanan Khas Lebaran

Asal Usul Ketupat Makanan Khas Lebaran

- in Opini, Ragam
337
0

TeropongOnline.com – Bulan ramadhan yang suci sebentar lagi akan beralih pada bulan nan fitri, umat islam sedunia akan merayakan kemenangan dan indahnya kebersamaan dengan saling memaafkan kesalahan yang telah dilakukan, berlebaran bagi sebagain umat islam pasti menyiapkan hal-hal yang baru dan istimewa mulai dari baju lebaran yang bermacam macam, dekorasi rumah yang dibuat lebih indah, berbagai macam kue lebaran nikmat yang membuat lebaran semakin semangat. Satu lagi,, makanan khas indonesia yang tidak akan dilupakan saat lebaran, berbahan dasar beras yang dimasukkan dalam anyaman daun kelapa muda (janur), berasal dari saat Islam masuk ke tanah Jawa. Dalam sejarah, Sunan Kalijaga adalah orang yang pertama kali memperkenalkannya pada masyarakat Jawa. Beliau membudayakan dua kali Bakda, yaitu Bakda Lebaran dan Bakda Kupat. Bakda Kupat dimulai seminggu sesudah Lebaran. Pada hari yang disebut Bakda Kupat tersebut, di tanah Jawa waktu itu hampir setiap rumah terlihat menganyam ketupat dari daun kelapa muda. Setelah sudah selesai dimasak, kupat tersebut diantarkan ke kerabat yang lebih tua, menjadi sebuah lambang kebersamaan.

Ketupat sendiri menurut para ahli memiliki beberapa arti, diantaranya adalah mencerminkan kebersihan dan kesucian hati setelah mohon ampun dari segala kesalahan, dilihat dari warna putih ketupat jika dibelah dua. Yang ketiga mencerminkan kesempurnaan, jika dilihat dari bentuk ketupat. Semua itu dihubungkan dengan kemenangan umat Muslim setelah sebulan lamanya berpuasa dan akhirnya menginjak hari yang fitri. Berbagai macam bentuk ketupat diantara nya, Ketupek Katan Kapau yang berukuran kecil, Ketupat Glabed yang dimakan dengan kuah kuning, Ketupat Betawi (bebanci) yang disantap dengan kuah santan berisi daging sapi, Ketupat Blegong  dan Bongko sama sama berasal dari Tegal. Ketupat Cabut rampak berasal dari Solo, ketupat ini berisi nasi yang diiris tipis-tipis, dan disiram dengan sedikit sambal wijen. Hidangan ini disajikan dengan kerupuk nasi yang disebut karak. terakhir ketupat/lontong sayur, disajikan dengan santan dan berbagai macam sayuran sesuai dengan selera.

Fyi, Lontong berawal dari Ketupat, Karena proses pembuatan ketupat yang terbilang rumit  dan membutuhkan  bahan baku khusus membuat masyarakat memilih daun pisang sebagai ganti dari daun kelapa Muda sehingga cara membuatnya jadi lebih mudah.

Intinya kedua makanan tersebut adalah makanan khas indonesia yang turut serta menambah semangat kita dalam berlebaran. Ketupat : Bahasa Jawa-nya Kupat. Kepanjangan dari nga-KU le-PAT (berani mengakui kesalahan). Tidak ada yang sempurna di dunia ini kecuali Allah dan Rasul. Kita pasti pernah melakukan kesalahan. Namun amat jarang sekali diantara kita yang mau mengakui kesalahan. Baik salah kepada Allah atau salah kepada orang lain.
Selamat menyambut hari nan fitri
Minal aidin walfaizin
Mohon maad lahir dan batin

About the author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

5 Website Kursus Online Gratis Bersertifikat

Teropongonline, Medan-Kursus online semakin menjadi andalan untuk meningkatkan keahlian dan