FH UMSU & PFI Gelar Seminar Nasional Fotografi

FH UMSU & PFI Gelar Seminar Nasional Fotografi

- in Kabar Kampus
0
0

Teropongonline, Medan- Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dan Pewarta Foto Indonesia (PFI) menggelar Seminar Nasional dengan tema “Perlindungan Hukum Terhadap Karya Fotografi”. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Jumat, (18/02/2022).

Seminar ini dihadiri oleh Wakil Rektor I, Prof. Dr. Muhammad Arifin, S.H., M.Hum, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Sumatera Utara, Irham Buana Nasution, S.H., M.Hum, Direktur Eksekutif Photojournalism Antara, Oscar Motuloh, Pendiri Pewarta Foto Indonesia (PFI), Beawiharta, Ketua Umum Pewarta Foto Indonesia (PFI), Rahmad Suryadi, Dosen Fahum, Faisal Riza, S.H, M.Hum, dan para tamu undangan.

Dalam kata sambutannya, Wakil Rektor I UMSU mengatakan bahwa fotografi ini memiliki Undang-Undang Dasar (UUD) pada pasal 40.

“Fotografi ini memiliki UUD pada pasal 40 yaitu pasal yang mengatur karya fotografi untuk dilindungi yang memiliki karya hak eksklusif dan hak moral nya,” ujarnya.

Muhammad Arifin juga mengatakan tujuan diadakannya seminar ini.

“Tujuan diadakannya seminar ini untuk mendapatkan informasi bagaimana perlindungan hukum terhadap foto-foto jurnalis. Kita tau, dari segala masalah yang berkaitan dengan hak cipta, untuk masalah foto jurnalis ini hampir tak tersentuh, jarang menjadi pembicaraan padahal untuk hak cipta mereka layak dilindungi,” ujar Arifin.

Lanjutnya, Muhammad Arifin mengatakan bahwa perlunya di bahas dengan tuntas tentang perlindungan terhadap karya foto.

“Bila perlu, kita sangat mengharapkan adanya Undang-Undang tersendiri untuk fotografi sebagai tindak lanjut dari hak cipta itu, sehingga perlindungan untuk fotografi ini benar-benar terlindungi,” ungkapnya.

Tambahnya, Arifin mengatakan selain fotografi, kartunis juga menjadi salah satu karya yang kurang kita perhatikan.

“Kartun itu dibuat jelas tertanda buatan dia sendiri yang dipublikasi di media-media masa, dan sampai saat ini belum ada yang mengangkat untuk perlindungan nya,” ujarnya.

Tr : Arib Batubara & Rabiatul Adawiyah

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Are there courses that focus on specific types of survival gear and equipment

Yes, there are courses that focus on specific