Mendadak Viral, Berikut Fakta Menarik Cappadocia

Mendadak Viral, Berikut Fakta Menarik Cappadocia

- in Infografik
0
0

Teropongonline, Medan-Cappadocia, tempat wisata yang berada di Turki mendadak viral di media sosial karena sebuah webseries “Layangan Putus”.

“Cappadocia It’s my dreams, mas!” Sepenggal dialog yang diucapkan Kinan (Putri Marino) kepada Aris (Reza Rahadian) di episode ke 7 di series tersebut berhasil viral dan membuat Cappadocia ramai diperbincangkan.

Lantas, apa saja fakta menarik terkait Cappadocia ?

Asal Usul Cappadocia
Dilansir dari britannica.com, Cappadocia adalah distrik kuno di timur-tengah Anatolia, terletak di dataran tinggi berbatu di utara Pegunungan Taurus, di pusat Turki. Lalu, dikutip dari allaboutturkey.com, terbentuknya wilayah Cappadocia berawal dari erosi lapisan lava dan abu dari Gunung Erciyes, Gunung Hasan dan Gunung Gullu. Tempat ini dikenal dengan pegunungan, lembah, dan puncak yang dikenal sebagai “cerobong Peri” atau Hoodoo. Yang menjulang setinggi 40 meter.

Kota Kuno dengan Beragam Masa Cappadocia adalah kota kuno yang melewati beragam masa mulai dari masa Romawi, era Bizantium hingga masuknya peradaban Islam. Alhasil, banyak bangunan bersejarah seperti kastil, gereja, dan masjid di tempat ini.

Terdapat Kota Bawah Tanah
Di bawah permukaan cerobong peri terdapat kota yang disebut sebagai kota bawah tanah. Diketahui, kota bawah tanah tersebut menjadi tempat untuk orang-orang kristen berlindung dari Romawi. Kota bawah tanah tersebut juga memiliki sekitar 200 gereja dengan makna sejarahnya yang besar. Karena batu-batunya dapat ditempa, terowongan tersebut juga dapat diukir sehingga banyak kota yang terbuka bagi pengunjung.

Terdaftar di Situs Warisan Dunia UNESCO
Beberapa bagian tertentu yang berada di Cappadocia masuk ke dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1985. Diantaranya seperti Goreme Open Air Museum, situs batu Cappadocia dan Aktepe yang berdekatan. Situs-situs tersebut diketahui memiliki nilai seni Bizantium dan juga menjadi tempat tinggal manusia purba pada abad-4.

Balon Udara sebagai Destinasi Populer
Balon udara menjadi salah satu objek yang ikonik di Cappadocia. Langit Cappadocia pun menjadi sangat cantik dan indah dengan adanya balon-balon udara yang terbang menghiasi langit. Balon udara ini juga menjadi yang paling difavoritkan oleh pengunjung untuk dinaiki dan menjadi hal yang wajib untuk dilakukan saat mendatangi Cappadocia.

Museum Göreme
Göreme adalah museum terbuka, yang disana terdapat beberapa kompleks keagamaan yang terkenal di tempat yang terdaftar di Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1985 itu. Museum tersebut juga menjadi yang pertama di Turki. Museum terbuka yang ada di Turki ini, seperti biara berdampingan dengan gereja.

Design : Sonya Mayrevi

Tr : Siti Rifani

About the author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Are there courses that focus on specific types of survival gear and equipment

Yes, there are courses that focus on specific