Mengenal Sosok Shin Tae Yong, Sosok Pelatih dengan Disiplin Tinggi

Mengenal Sosok Shin Tae Yong, Sosok Pelatih dengan Disiplin Tinggi

- in Sport News
0
0

Teropongonline, Medan-Pelatih Tim Nasional Indonesia, Shin Tae Yong merupakan sosok pelatih asal Korea Selatan. Pelatih yang kerap disebut ‘STY’ ini lahir pada 11 Oktober 1970 di Yeongdeok, Korea Selatan. Mengawali karir sepakbola sebagai pemain kini ia melanjutkan karir sebagai seorang pelatih.

Sosok STY bisa dikatakan sebagai salah satu pelatih Top dunia. Bagaimana tidak, pada Piala Dunia 2018, STY sempat menukangi timnas Korea Selatan kala itu. Meski tidak bisa mempersembahkan gelar juara, Pelatih berusia 51 tahun tersebut pernah mengalahkan Jerman yang saat itu berstatus juara bertahan pada ajang empat tahunan tersebut.

Timnas Korea Selatan dan Indonesia tentu bukan yang pertama ia latih. STY tercatat pernah melatih salah satu klub ternama Korea Selatan yakni Seongnam Ilhwa Chunma, dan timnas Korea Selatan kelompok umur.

STY pun tidak hanya memiliki nama baik di dunia kepelatihan, saat masih sebagai pesepakbola, STY pun dapat dikatakan sukses dalam karirnya. Dilansir dari Wikipedia STY mengawali karir junior di Yeungnam University sebelum pada akhirnya melangsungkan karir profesionalnya di Seongnam FC dan mencatatkan 76 gol dari 296 penampilan.

Shin pun mengakhiri karir pemain sepakbolanya di benua Australia tepatnya di klub asal Australia, Quessland Roar FC. STY pun dikenal sebagai sosok pelatih yang memandang tinggi kedisiplinan para pemainnya. Selama melatih Timnas Indonesia STY sudah sering mengenakan sanksi kepada para punggawa timnas yang melakukan Indispliner meski pemain tersebut dikatakan cukup baik dari segi pengalaman sekalipun.

Selain kedisiplinan, STY pun menyukai tipikal pemain yang memiliki stamina dan ketahanan fisik yang kuat. Tidak sedikit para pentolan timnas di era pelatih sebelumnya tidak ia panggil dengan alasan pemain tersebut tidak memiliki stamina yang kuat. Kini Timnas Indonesia dibawah asuhan STY sedang berusaha di Final AFF Suzuki Cup 2020 di Singapura. Kontrak STY Sendiri masih terikat sampai 2024 mendatang.

Tr : Mhd. Iqbal

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Are there courses that focus on specific types of survival gear and equipment

Yes, there are courses that focus on specific