KontraS Sumut Akan Gelar Aksi Bela HAM di Tugu Nol Medan

KontraS Sumut Akan Gelar Aksi Bela HAM di Tugu Nol Medan

- in kabar medan
0
0

Teropongonline, Medan-Peringati Hari HAM Internasional, Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) Sumatera Utara akan adakan aksi bela Hak Asasi Manusia (HAM) pada Jumat, (10/12/2021) besok. Aksi tersebut mendorong masyarakat untuk peduli semua persoalan HAM yang terjadi di Indonesia.

Staff Kajian Penelitian KontraS Sumut, Rahmat Muhammad menjelaskan maksud dari kegiatan yang besok akan dilaksanakan.

“Besok itu tanggal 10 Desember yang merupakan hari HAM Internasional. Jadi kita ingin memperingati HAM tersebut dalam bentuk aksi atau kampanye sebagai wujud mengingatkan Pemerintah untuk bertanggung jawab dalam upaya melindungi, menghormati dan memenuhi HAM masyarakatnya yang masih banyak belum terpenuhi. Bukan kepada rakyatnya saja tapi dunia internasional juga,” kata Rahmat saat diwawancarai via whatsapp oleh kru Teropong.

Tentunya bukan hanya itu saja hal yang ingin disampaikan mengingat masih banyaknya kasus HAM yang belum tuntas, Rahmat pun menyampaikan target dari pelaksanaan aksi tersebut.

“Target utamanya buat kegiatan besok yaitu mengingatkan Pemerintah bahwa banyak persoalan HAM yang belum tuntas. Ada berbagai kasus pelanggaran HAM yang terjadi, khususnya di Sumut. Kekerasan aparat seperti praktek penyiksaan, penggunaan kekuatan berlebihan, kematian dalam tahanan. Lalu di wilayah kebebasan pers, dimana banyak wartawan kerap mendapat ancaman dan pembunuhan dalam peliputan, belum lagi masalah kekerasan seksual yang mendorong RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual untuk segera di undangkan, serta persoalan pendidikan yang tidak adil,” ujarnya

Tidak hanya oleh KontraS, beberapa organisasi atau lembaga juga berpartisipasi dalam kegiatan ini untuk meweujudkan tujuan dari kegiatan besok.

“Untuk kegiatan besok akan ada dari elemen mahasiswa khususnya yang berpartisipasi. Seperti Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Majelis Penyelamatan Organisasi (MPO) cabang Medan, HMI Komisariat, dan Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) dari Universitas Negeri Medan (UNIMED),” ujar Staff Kajian Penelitian KontraS tersebut.

Selanjutnya Rahmat juga menyampaikan peran masyarakat dalam persoalan HAM. “Adapun bentuk kampanye pada masyarakat, dimana mereka harus peduli pada persoalan HAM. Tidak hanya sekedar kata simbolik, tapi miskin implementasi. Karena masyarakat punya peran besar juga untuk mendorong Pemerintah mewujudkan perlindungan HAM pada rakyatnya,” tuturnya.

Ia pun menjelaskan agenda kegiatan pada aksi tersebut. “Untuk kegiatan besok, akan diadakan semacam panggung ekspresi. Dimana semua bisa menyuarakan pendapat melalui puisi, musikalisasi, orasi, dan membacakan surat kepada Penguasa terkait persoalan atau kasus pelanggaran HAM yang terjadi,” ujarnya.

Tr : Siti Rifani

Editor : Mhd. Iqbal

About the author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Are there courses that focus on specific types of survival gear and equipment

Yes, there are courses that focus on specific