Antrean Kapal Pengangkut di Singapura Pemicu BBM Langka di Sumut

Antrean Kapal Pengangkut di Singapura Pemicu BBM Langka di Sumut

- in kabar medan
0
0

Teropongonline, Medan-“Masyarakat dibuat resah dengan kelangkaan yang terjadi saat ini. Di mana-mana SPBU selalu kosong,” kata Wakil Ketua Komisi B DPRD Sumut, Zeira Salim Ritonga melalui sambungan telepon, Kamis (14/10/2021).

Ia mengatakan, sampai saat ini belum jelas alasan dari pihak Pertamina soal kondisi yang ada. Padahal, kelangkaan yang terjadi sudah berlangsung hampir dua pekan.

Ia juga khawatir, dengan kondisi seperti ini, justru terjadi kepanikan di masyarakat yang menyebabkan aksi beli dan penimbunan BBM.

Hal ini harus diantisipasi Pertamina dengen menjelaskan kondisi yang ada saat ini, serta langkah penanggulangannya.

PT Pertamina Patra Niaga menyatakan bahwa saat ini terjadi keterbatasan stok bahan bakar minyak (BBM) di Sumatera Utara karena antrean kapal pengangkut di Singapura dan Malaysia.

“Pertamax ini kami impor dari Singapura, impor dari Malaysia, yang memang kebetulan kondisi secara internasional sendiri antreannya juga luar biasa,” ujar Eksekutif General Manajer PT Pertamina Patra Niaga Sub Holding C&T Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut), Asep Wicaksono.

Dia menuturkan selain faktor cuaca, antrean di negara asal itu juga melonjak sehingga bikin pasokan terlambat sampai di Medan.
“China aja enggak jual lagi. Jadi semua negara pada beli ke situ,” katanya.

Karena keterlambatan itu, pasokan BBM di SPBU di Sumut juga harus dikurangi. Dengan demikian, kini banyak SPBU di Sumut mengalami kekurangan stok BBM.

Dilansir dari CNN Indonesia

Tr : Nabila Saskia

Editor : Mhd. Iqbal

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Are there courses that focus on specific types of survival gear and equipment

Yes, there are courses that focus on specific